6.9 C
New York
Saturday, April 27, 2024

Dua Dosen IAKN Tarutung Terima Satyalencana dari Presiden, Jauhi Hedonisme untuk Hindari Godaan Korupsi

Taput, MISTAR.ID

Dr. Simion Diparuma Harianja, M.Th (62) bersama istrinya Dra. Pestaria Naibaho,M.Th (57), menerima tanda kehormatan dari Presiden RI Joko Widodo, berupa Satyalencana Karya XXX Tahun, setelah keduanya mengabdi sebagai PNS dengan penuh kesetiaan, pengabdian, kejujuran, kecakapan dan disiplin secara terus menerus; selama 30 tahun.

Penghargaan diterima saat berlangsung upacara HUT ke- 77 Kemerdekaan RI, Rabu (17/8/) di Lapangan Rektorat Institut Agama Kristen Nasional (IAKN), Tarutung. Penghargaan diserahkan oleh Wakil Rektor I Bidang Akademik DR.Robert Sitio.

Ditemui usai upacara, Dr. Simion Harianja yang tampil dengan stelan jas sederhana dan wajah sumringah menceritakan, dirinya memulai karir PNS-nya tahun 1992. Pada tahun yang sama, istrinya juga masuk PNS.

Baca juga:HUT ke 18, Pemkab Sergai Gelar Upacara

“Penghargaan ini dimaknai sebagai motifasi untuk selalu meningkatkan kinerja dan kualitas pengabdian yang tulus, dalam melaksanakan tugas-tugas keseharian,”ucapnya.

Kendati demikian, tutur Simion Harianja, penghargaan seperti itu tidak bisa diperoleh semua PNS walaupun sudah bertugas selama 30, jika dalam pengabdiannya pernah bersentuhan dengan masalah-masalah hukum.

“Sekali saja bersentuhan hukum, jangan harap akan memperoleh Satyalencana seperti ini. Jadi saya berpesan kepada pegawai muda, terutama yang bertugas di IAKN Tarutung sangat perlu memiliki kematangan emosional terhadap godaan dan tantangan-tantangan dalam pelaksanaan tugas keseharian,” ungkapnya.

Terkonfirmasi, Simion Harianja menjabat sebagai Kepala Program Study Teologi (S3 ) pasca sarjana di IAKN Tarutung. Sementara istrinya sebagai Wakil Dekan pada Bidang Akademik, Kemahasiswaan, Kelembagaan dan Kerjasama pada institut yang sama.

Boleh anda menceritakan salah satu contoh godaan kepada PNS?

“Jadi begini, korupsi itu bisa dipicu oleh gaya hidup hedonisme (hidup bersenang-senang atau bermewah mewah). Lantas jika tergiur, mereka akan terjerumus pada hal di atas (korupsi) dan pengabdiannya tidak akan tulus,” ketusnya.

Baca juga:Ketua TP PKK Deli Serdang Terima Penghargaan Satyalancana Wira Karya dari Presiden Jokowi

Diketahui, Pasangan Simion Harianja dan Pestaria Naibaho memiliki tiga orang anak. Preciliana Harianja saat ini sedang studi di Universitas Bochhum Jerman, Sander D Harianja, ST dan yang paling kecil Jemima Putri Harianja saat ini sedang menempuh pendidikan di Universitas Brawijaya, Malang.

Keluarga inipun tinggal di Perumahan Griya Ganda Uli, Jalan Raja Johannes Hatabarat, Tarutung, yang sudah ditempati selama lebih dari 20 tahun.

Diketahui, meskipun keduanya sudah punya jabatan bergengsi di jajaran rektorat IAKN, tetapi kehidupan keseharian terlihat sederhana. Penampilan istrinya, Pestaria Naibaho juga sama, tidak terlihat kesan glamour.

“Kalau istri saya, begitu keluar kampus akan berlaku sebagai ibu rumah tangga saja, yah mencuci dan memasak. Dia juga memfasilitasi belajar matematika, Bahasa Inggris dan membaca Alkitab di rumah kami, untuk anak anak di sekitar perumahan,”tuturnya.

Dari sejumlah sumber menjelaskan, Simion Harianja ketika berada di luar kampus, juga aktif pada sejumlah organisasi Kepemudaan, Gereja dan Organisasi Regional. Minatnya untuk meneliti dan menulis tentang sejumlah situs-situs sejarah Batak juga tidak pernah terlewatkan.(Jan/hm06)

Related Articles

Latest Articles