17.6 C
New York
Friday, May 17, 2024

DPRD Bakal Kirimkan 7 Nama Calon KPID Terpilih ke Gubernur Sumut

Medan, MISTAR.ID

Ketua DPRD Sumut, Baskami Ginting akan mengirim 7 nama calon Komisi Penyiaran Daerah Indonesia (KPID) terpilih Sumut periode 2021-2024 ke Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi. Padahal sebelumnya nama-nama yang telah terpilih ini mendapat penolakan atau keberatan dari sejumlah anggota DPRD Komisi A juga F-PDIP.

Bahkan, Ombudsman Perwakilan RI juga secara resmi menyurati Ketua DPRD Sumut untuk memonitor pelaksanaan Laporan Hasil Akhir Pemeriksaan (LHAP) atas maladministrasi yang terjadi dalam proses fit dan proper test pemilihan Komisioner KPID Sumut. Menurut Baskami nama-nama ini sudah dirapatkan dan telah disetujui DPRD.

“Memang belum kami serahkan tapi ketujuh nama ini telah kami setujui. Jadi dalam waktu dekat ini nama-nama ini akan kami kirim ke Gubernur Sumut,” katanya pada Mistar, Kamis (29/4/22).

Baca juga: Kuasa Hukum Calon KPID Somasi DPRD Sumut Terkait LAHP Ombudsman

Saat ditanyakan mengenai tanggapannya mengenai surat dari Ombudsman yang menanyakan laporan hasil mengenai seleksi KPID ini. Baskami menuturkan tindak lanjutnya telah dipelajari semuanya.

“Tapi akan kita teruskan dan akan kita bahas di sana nanti karena SK nya bukan dari kami namun dari gubernur. Intinya nama-nama itu akan segera kita kirim ke Gubernur Sumut,” pungkasnya cepat.

Hal senada juga dikatakan Wakil Ketua DPRD Sumut, Rahmansyah Sibarani ketujuh nama komisioner KPID Sumut itu diteruskan ke Gubernur Sumut untuk segera diproses SK dan pelantikannya. Hal itu, kata dia telah dirapatkan dan dalam waktu dekat akan diserahkan ke Gubsu.

Rahmansyah menegaskan, pimpinan DPRD Sumut sudah menandatangani hasil pemilihan tujuh komisioner KPID yang telah diproses di Komisi A. Selanjutnya, kata dia, setelah diserahkan ke Gubsu, maka itu tergantung Gubsu nantinya bagaimana menyikapi surat yang disampaikan dewan.

Baca juga: Ranto Sibarani: Pimpinan Dewan Harus Lakukan Kocok Ulang, Agar Kisruh KPID Sumut Tuntas

Politisi Nasdem ini menjelaskan, jika masih adanya nanti pihak yang keberatan maka hal itu dipersilahkan saja karena itu hak masing-masing orang yang harus dihormati. Tapi yang pasti, katanya, proses di DPRD Sumut sudah diselesaikan.

Adapun ketujuh nama-nama yang lolos dalam pemilihan Komisi Penyiaran Daerah Indonesia (KPID) terpilih Sumut periode 2021-2024 adalah Hj Ayu Kesuma Ningtyas, Anggia Ramadhan, Muhammad Hidayat, Muhammad Syahrir, Dearlina Sinaga, Ramses Simanullang dan Edwar. (anita/hm09)

Related Articles

Latest Articles