16.1 C
New York
Sunday, May 12, 2024

Hotlan Simanjuntak Bantah ‘Nyogok’ untuk Jadi Kasek SMP Negeri 2 Bangun Purba

Deli Serdang, MISTAR.ID

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Sekolah (Kasek) SMP Negeri 2 Bangun Purba Kabupaten Deli Serdang Hotlan Simanjuntak mengaku jika dirinya merupakan guru penggerak sehingga bisa diangkat menjadi Plt Kasek.

“Saya merupakan guru penggerak (GP),” ujarnya saat dikonfirmasi, Kamis (25/1/24).

Namun, mantan Wakil Kepala Sekolah SMP Negeri I Kutalimbaru, Deli Serdang itu tidak menyebut guru penggerak angkatan ke berapa. Selain itu, Hotlan juga membantah jika dirinya menyogok jutaan rupiah untuk menjadi Plt Kasek di SMP Negeri 2 Bangun Purba. Sebab, disebut-sebut untuk posisi Kasek SMP di Deli Serdang harus menyiapkan dana Rp70 juta hingga Rp150 juta.

Hotlan tidak membantah jika kepengurusan dirinya menjadi Plt Kasek melalui Kasubbag Umum Dinas Pendidikan Deli Serdang dan bukan di Bagian Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK).

“Iya benar, melalui Kasubbag Umum bukan GTK,” katanya.

Baca Juga : Pengangkatan Plt Kepala SMPN 2 Bangun Purba Dinilai Langgar Aturan

Sejumlah Aparatur Sipil Negara (ASN) Dinas Pendidikan (Disdik) Deli Serdang menuturkan, ada tradisi jelek di tempat mereka kerja dan terjadi sejak lama dan tidak diketahui siapa yang memulai jika rekrutmen kepala sekolah (kasek), pengawas, kordinator wilayah kecamatan (Korwilcam), kasek SD melalui Kasubbag Umum.

“Inilah anehnya. Maka sering tidak dikenal tiba-tiba muncul jadi kasek. Sementara guru-guru beprestasi susah naik. Namun kalau rekrutman melalui Pak Joe (maksudnya Jumakir, Kabid GTK) Insya Allah memenuhi syarat semua. Sebab beliau (Jumakir) teliti orangnya,” ungkapnya.

Para ASN itu juga memastikan pengangkatan Plt Kasek SMP tersebut bukan pekerjaan Kabid GTK. “Kami sering mendengar kerap terjadi konflik internal dengan oknum Kasubbag umum yang diduga menjadi broker kasek dan pengawas SMP,” ungkap para ASN.

Dikonfirmasi hal ini, Kasubbag Umum Disdik Deli Serdang Sri Hartati Sitompul tidak merespon.

Related Articles

Latest Articles