24.5 C
New York
Tuesday, June 25, 2024

Agar Terhindar Stunting, Gizi Anak Deli Serdang Harus Terpenuhi

Deli Serdang, MISTAR.ID

Penjabat (Pj) Bupati Deli Serdang, Wiriya Alrahman menegaskan setiap anak harus mendapat pemenuhan gizi yang cukup, agar Kabupaten Deli Serdang terhindar dari stunting.

“Untuk itu, upaya pencegahan dan penanggulangan stunting harus menjadi perhatian serius. Kita harus bekerja sama dan bersinergi untuk memastikan setiap anak di Kabupaten Deli Serdang mendapatkan gizi yang cukup dan terhindar dari stunting,” kata Wiriya, Senin (10/6/24).

Menurutnya, saat ini stunting masih menjadi permasalahan gizi utama bagi balita di bawah lima tahun (balita) di Indonesia. Stunting disebabkan oleh kurangnya asupan gizi dalam waktu lama dan penyakit infeksi berulang, yang mengakibatkan terhambatnya pertumbuhan fisik dan perkembangan anak.

“Stunting pada balita sangat erat kaitannya dengan status kesehatan ibu pada saat hamil dan pasca melahirkan,” ucapnya.

Baca Juga : Tekan Stunting, Pemkab Labusel Gelar Posyandu Balita dan Lansia Serentak

Kata Wiriya, dilaksanakannya intervensi serentak dan dilakukan secara berkelanjutan di Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) atau dikenal dengan istilah bulan timbang atas arahan Wakil Presiden Republik Indonesia, KH Ma’ruf Amin, selaku Ketua Pengarah Tim Percepatan Penurunan Stunting.

Staf Ahli Gubernur Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pengembangan Aset dan SDA, Manna Wasalwa Lubis berharap adanya kerja sama antara organisasi perangkat daerah (OPD) terkait dan pihak lainnya. Dengan begitu, stunting bisa dicegah.

“Kabupaten-kota harus bisa segera menindaklanjuti intervensi serentak tersebut sampai ke tingkat kecamatan, desa dan kelurahan,” tuturnya. (rinaldi/hm24)

Syahrial Siregar
Syahrial Siregar
Alumni STIK-P Medan. Menjadi jurnalis sejak 2008 dan sekarang redaktur untuk portal mistar.id

Related Articles

Latest Articles