28.6 C
New York
Thursday, June 20, 2024

Warga Minta Tambang PT DPM Segera Beroperasi, DPRD Dairi Siap Menemui Menteri Terkait

Dairi, MISTAR.ID

Warga yang ada di sektiar tambang Sopo Komil Longkotan, Kecamatan Silima Punggapungga, Kabupaten Dairi, meminta pemerintah pusat bertindak segera mungki agar perusahaan tambang di Dairi , yaitu  PT Dairi Prima Mineral(DPMP) segera beroperasi .

Aspirasi tertulis itu disampaikan warga kepada pemerintah melalui DPRD Dairi, dan langsung diterima oleh Ketua DPRD Dairi Sabam Sibarani didampingi Wakil Ketua Wanseptember Situmorang, dan anggota Nasib Marudur Sihombing, Hadiswarno Panjaitan dan Hendra Tambunan pada Kamis(20/6/21)

Mewakili warga, yakni Jakobus Sirait, Parulian Napitupulu, Johanes Simarmata, Luhut Panjaitan, Rapat Simanullang,  meminta agar DPRD  Dairi segera menyampaikan aspirasi tersebut kepada pemerintah pusat , agar PT DPM dapat segera beroperasi.

Baca juga: Berkat PT DPM, Warga Kembali Dapat Mengelola Lahan Sawah

“Kami masyarakat yang berada di sekitar lingkar tambang, mendukung penuh beroperasinya PT DPM. Mengenai ada demo di kedutaan besar China di Jakarta  yang menolak PT DPM, kami  warga lingkar tambang  tidak kenal. Sebab mereka bukan warga lingkar tambang,” ujar Jakobus Sirait.

Warga lainnya juga  menyampaikan bahwa kehadiran mereka di DPRD untuk menindaklanjuti pertemuan sebelumnya, dalam percepatan beroperasinya PT DPM di Dairi. Warga yakin keberadaan PT DPM di Dairi, berpotensi meningkatkan kesejahteraan masyarakat Dairi

“Untuk itu kami mohon bantuan DPRD, aspirasi kami ini dikawal di pemerintah pusat sebagaimana kami sampaikan sebelum- sebelumnya. Kami tak pernah menolak kehadiran PT DPM. Kami berharap PT DPM segera beroperasi,” ujar warga serentak

Menanggapi itu, Ketua DPRD Dairi Sabam Sibarani menyampaikan bahwa dirinya dan dewan lainnya sepakat dengan warga untuk mendukung pengorasian PT DPM.

Baca juga: Program Beasiswa, PT DPM Berangkatkan Putra/i Terbaik Dairi Kuliah di China

“Tahun lalu DPRD Dairi sudah menyatakan sikap, bahwa 7 fraksi DPRD Dairi mendukung. Pernyataan sikap itu telah disampaikan ke Kementerian LHK, Kemenko Marves. Maka bulan  Desember ijin lingkungan dimenangkan PT DPM,” kata Sabam.

Jika kemudian ada gugatan, sedang berproses saat ini, Sabam menyebut hal itu wajar, di mana setiap keputusan ada yang mendukung dan menolak.

Sementara Wakil Ketua DPRD Dairi Wanseptember Situmorang berpendapat bahwa DPRD Dairi harus menggelar Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan PT DPM.

“Perlu digelar RDP secepatnya. Perlu juga kita tahu apa langkah-langkah strategis yang telah diambil PT DPM terkait gugatan itu. Juga, apa yang menjadi kesepakatan nantinya kepada masyarakat, bilamana PT DPM telah beroperasi,” ujar Wanseptember.

Di akhir pertemuan disepakati, unsur pimpinan DPRD Dairi dan para Ketua Fraksi akan berangkat ke Jakarta minggu depan guna menyampaikan aspirasi masyarakat tersebut ke para pihak terkait seperti Kementerian LHK dan Duta Besar China.

Baca juga: Tokoh Masyarakat Silima Pungga Pungga Dukung PT DPM, DPRD Dairi Akan ke Jakarta

Masyarakat pun diminta untuk melengkapi berkas-berkas aspirasi, seperti pernyataan dukungan, termasuk dari para kepala desa di sekitar lingkar tambang.

Sebagaimana diketahui, unsur pimpinan DPRD Dairi telah pernah menyampaikan aspirasi masyarakat lingkar tambang ke Kemenko Marves pada Kamis (31/8/2023).

Ketua DPRD Kabupaten Dairi Sabam Sibarani, bersama Wakil Ketua Halvensius Tondang, Wansptember Situmorang dan beberapa anggota, saat itu diterima Deputi Bidang Koordinasi Investasi dan Pertambangan.

“Dalam pertemuan, kami menyampaikan aspirasi terkait suara masyarakat yang tinggal di dekat area tambang PT DPM yang menginginkan supaya perusahaan pertambangan timbal dan seng itu segera beroperasi,” kata Sabam

Diketahui, PT DPM adalah perusahaan pertambang timbal dan seng memegang izin kontrak karya seluas 24.636 hektare berlokasi di Desa Sopokomil, Kecamatan Silima Pungga-Pungga, Dairi, Sumatera Utara.(manru/hm17)

Related Articles

Latest Articles