14.7 C
New York
Monday, May 20, 2024

Tokoh Masyarakat Silima Pungga Pungga Dukung PT DPM, DPRD Dairi Akan ke Jakarta

Dairi, MISTAR.ID

Puluhan tokoh masyarakat Desa Longkotan dan Desa Bongkaras, Kecamatan Silima Pungga Pungga, Kabupaten Dairi melakukan audiensi ke Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Dairi. Digawangi Jakobos Sirait dan lainnya, mereka menyampaikan dukungan penuh kepada perusahaan tambang PT. Dairi Prima Mineral (DPM), Jumat (4/8/23).

Mereka menilai Pt. DPM sangat membawa banyak dampak positif bagi warga masyarakat Kabupaten Dairi secara umum dan secara khusus bagi warga masyarakat Kecamatan Silima Pungga Pungga.

“Terus terang, kami kecewa kepada pemerintah atas dibatalkannya izin lingkungan PT.DPM oleh hanya ulah kelompok manusia bukan warga masyarakat Silima Pungga Pungga,” ujar Jakobus Sirait ditimpali rekan-rekannya.

Baca juga: Menang di PTUN Jakarta, Warga Dairi Desak Pemerintah Segera Cabut Izin Lingkungan PT DPM

Menanggapi hal itu, Ketua DPRD Dairi Sabam Sibarani memaparkan bahwa pihaknya, sudah sangat mendukung pengoperasian PT. DPM. Hingga pihaknya terjun langsung ke Kementerian guna mendukung perolehan izin lingkungan PT. DPM dari Kementerian KLH. Yang sebelumnya sudah melalui proses panjang dan melibatkan tokoh-tokoh di Kabupaten Dairi.

“Oleh itu, sebagai warga yang taat hukum. Berhubung izin lingkungan PT. DPM kini berproses di peradilan. Kita hormati, kita hargai. Tetapi kami DPRD akan paripurnakan aspirasi yang masyarakat sampaikan ini. Selanjutnya kami harus bawa ini ke Kementerian Pusat sebagai aspirasi untuk pertimbangan peradilan hukum yang sedang berjalan. Namun terus terang, bila PT. DPM beroperasi jauh dinilai sangat membawa banyak dampak positif bagi warga masyarakat Kabupaten Dairi dan warga Silima Pungga Pungga. Walau ada dampak negatifnya oleh faktor limbah, tetapi dampak positifnya jauh lebih banyak untuk kemajuan dan kesejahteraan perekonomian Dairi,” kata Sabam Sibarani.

Selain itu, Sabam membenarkan pihaknya langsung ke Jakarta usai diparipurnakan, seraya membenarkan jadwal DPRD Dairi saat ini sedang reses.

Related Articles

Latest Articles