21.5 C
New York
Saturday, June 29, 2024

SMPN 2 Sinehu Dairi Gelar Panen Raya Hasil Inovasi dan Kreativitas Pelajar

Dairi, MISTAR.ID

Sekolah Menengah Pertama(SMP) Negeri 2 Siempat Nempu Hulu (Sinehu) Kabupaten Dairi menggelar perayaan panen raya kedua hasil inovasi dan kreativitas siswa-siswi dari kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila(P5) Kurikulum Merdeka, pada Selasa (7/5/24).

Ragam jenis hasil inovasi dan kreativitas para pelajar itu berupa pagelaran budaya lokal, seni musik, kuliner, sablon gorga budaya Pakpak, pemanfaatan sejumlah limbah diolah menjadi sabun cuci, lulur kopi, gelang dan lainnya.

Acara berlangsung di halaman SMPN 2 Sinehu di Desa Sungai Raya itu dihadiri seluruh orang tua pelajar, Komite Sekolah, Camat Sinehu, Koko Angkat dan Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Dairi.

Baca juga:Panen Raya Cabai Merah di Simalungun, Kapolres: Motivasi ke Masyarakat

Kepala Sekolah (Kepsek) SMPN 2 Sinehu, Elisman Sitinjak dalam sambutannya menyampaikan, kegiatan ini digelar secara rutin sekali setahun, dengan tujuan memberitahukan pada orang tua bahwa penerapan tujuan pengoptimalan kemampuan siswa-siswi melalui program P5 Kurikulum Merdeka di sekolah penggerak.

“Tujuannya melatih siswa-siswi dapat berhasil mempersiapkan diri untuk berkarakter mandiri, memiliki keterampilan menempah niat bakat untuk mencapai masa depan berdasarkan pola tertentu yang ditetapkan pemerintah melalui pelaksanaan P5,” ungkapnya.

Pada kesempatan itu, Elisman berharap, acara panen raya dapat memberikan kontribusi besar bagi semua pihak, juga ke depan diharapkan menerima dukungan moril dan materil dari pemerintah, swasta, elemen masyarakat, Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) guna menempah pelajar sesuai P5.

Baca juga:Sergai Ikut Panen Raya 1 Juta Hektar Padi

Informasi dihimpun juga amatan mistar.id di lapangan, acara dihadiri seluruh orang tua dari jumlah 502 orang pelajar, hasil inovasi dan kreativitas yang dipamerkan terjual laris.

Salah satu orang tua pelajar, Boru Sitohang mengapresiasi acara panen raya tersebut. Hal ini juga diakuinya menjadi ajang hiburan rakyat yang berdampak positif, terutama menjadi motivasi nyata penempahan niat bakat anak didik yang berkarya dan dapat menghasilkan di masa depan. (manru/hm16)

Related Articles

Latest Articles