23.7 C
New York
Friday, June 14, 2024

Pelantikan PPS se-Dairi Diwarnai Aksi Unjuk Rasa GAMKI

Sidikalang, MISTAR.ID

Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (GAMKI) menggelar aksi unjuk rasa memprotes pelantikan dan pengambilan sumpah Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk Pilkada 2024 yang dilaksanakan di Gedung Glah Raga (GOR), Sidikalang, Minggu (26/5/24).

Aksi protes GAMKI berlangsung saat Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Dairi, Aryanto Tinendung, sedang melaksanakan prosesi pelantikan.

Orator aksi Januar Pasaribu, dalam orasinya mengecam dan mengkritik keras pelantikan PPS oleh KPU Dairi yang dituding direkrut dengan proses tidak transparan dan terukur.

Baca juga: Oknum Calon Anggota KPU Dairi Terancam Dilaporkan ke APH

Januar mengatakan, jika ujian tertulis ada patokannya. Namun, dalam proses penerimaan PPS Dairi tersebut, menurut Januar ada yang memiliki nilai tinggi tapi tidak lulus.

Selain itu, menurut Januar, banyak anggota PPS Dairi yang diterima bukan berasal dari desa/kelurahan setempat atau tidak berdomisili di tempat tugas. Karena itu, GAMKI meragukan kinerja PPS yang dilantik nantinya.

Januar menyuarakan , KPU Dairi sebenarnya sudah mengetahui hal itu sebelumnya.Namun disinyalir KPU meloloskan berkas persyaratan tidak memenuhi syarat.

“Anehnya, anggota PPS yang kembali direkrut, tidak menyisakan sama sekali anggota PPS Pemilihan Umum 2024 yang dinilai sudah berpengalaman. Ada apa? Apakah ada apanya atau apa adanya?” lontar Januar.

Ia juga menyayangkan metode rekrut PPS oleh KPU tidak melibatkan perwakilan Ormas atau OKP.

Dalam hal ini, lanjut Januar, sikap GAMKI sebagai Ormas dan OKP serta sosial kontrol, mempertanyakan kinerja KPU yang dinilai ada penyalahgunaan wewenang dan sewenang-wenang dalam membuat format perekrutan tanpa ada unsur transparan.

Baca juga: Diduga Bermasalah, Calon Anggota KPU Dairi Dilaporkan ke KPU RI

“Serasa keterbukaan demokrasi dilhilangkan! Rekrutmen PPS oleh KPU tidak berkualitas dan kapabilitas, melainkan karena adanya orang dalam,” tandasnya.

Karena itu, lanjut Januar, GAMKI Dairi mengajak seluruh elemen masyarakat agar turut mengawasi kinerja KPU pada Pilkada 2024 karena diduga akat timbul kecurangan.

Januar menyuarakan, GAMKI telah menyurati KPU Sumut dan RI, DKPP serta Bawaslu RI.

Sementara itu, di tengah aksi unjuk rasa, pelantikan PPS Dairi tetap berjalan di dalam gedung. Pelantikan dihadiri Pj Bupati, Pj Sekda, Ketua Bawaslu Dairi, perwakilan Dandim 0206/Dairi serta mewakili Kapolres Dairi. (manru/hm22)

Related Articles

Latest Articles