13.1 C
New York
Saturday, May 4, 2024

Dana Hibah NPHD Pilkada Pakpak Bharat Senilai Rp5,4 Miliar Ditandatangani

Pakpak Bharat, MISTAR.ID

Sekitar Rp5,4 miliar dana pengamanan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) dalam rangka Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Pakpak Bharat tahun 2024 resmi ditandatangani di Ruang Rapat Garuda, Kompleks Perkantoran Bupati, Selasa (5/3/24).

Bupati Pakpak Bharat, Franc Bernhard Tumanggor menjelaskan, dana hibah tersebut dialokasikan untuk Kodim 0206/Dairi dan Kepolisian Resort Pakpak Bharat untuk mendukung pengamanan Pilkada.

Lebih lanjut dikatakan, penandatanganan NPHD ini dilaksanakan seiring telah terbitnya Peraturan Komisi Pilihan Umum (KPU) RI nomor 02 tahun 2024 tentang tahapan dan jadwal Pemilihan Gubernur/Wakil Gubernur, Bupati/Wakil Bupati, serta Walikota/Wakil Walikota tahun 2024.

“Hal ini menandakan bahwa tahapan Pemilihan Umum telah resmi, sehingga perlu persiapan yang mumpuni baik dari sisi SDM, sarana dan prasarana, dan yang paling penting adalah dukungan anggaran yang memadai,” jelas Bupati.

Baca Juga : Bupati Pakpak Bharat Serahkan Bantuan Dana Hibah ke Sejumlah Rumah Ibadah

Dalam naskah NPHD ini, total anggaran Rp1.495.299.900 dialokasikan kepada Kodim 0206/Dairi, serta Rp. 3.980.000.000 kepada Kepolisian Resort Pakpak Bharat.

Bupati berjanji pihaknya akan segera merealisasikan anggaran tersebut guna memenuhi amanat Peraturan Menteri dalam Negeri nomor 41 tahun 2020.

“Saya pesankan kepada OPD terkait, dalam hal ini Badan Kesbangpol agar segera mempercepat pencairan dana hibah ini, untuk bisa dipergunakan dengan segera oleh pihak TNI dan Polri,” ucap Franc. (sampang/hm24)

Related Articles

Latest Articles