5.5 C
New York
Friday, April 26, 2024

Cek Kelayakan, Tim Gabungan Inspeksi Mendadak Kapal Motor di Danau Toba

Samosir, MISTAR.ID

Secara mendadak, personel gabungan Pos pelayanan Ketupat Toba 2024 dan KPOPP Danau Toba melakukan pengecekan terhadap kelayakan kapal motor penumpang di perairan Danau Toba, Minggu (14/4/24).

Adapun lokasi inspeksi terhadap kapal motor di pelabuhan Tomok dan kapal lainnya di perairan Danau Toba tersebut pun dilakukan dan dikomandoi oleh Ipda Denny Siregar.

Selain kelayakan kapal, tim gabungan pengecekan yakni pihak KSOPP Danau Toba pun turut mengecek kesiapan kapal mulai dari keberadaan life jacket, manifest, dan ijin berlayar.

Baca juga: Dishub Sumut Pastikan Kesiapan KMP di Kawasan Danau Toba

Kapos Pelayanan Tomok Ops Ketupat Toba

Ipda Denny Siregar, menyampaikan selama Operasi Ketupat Toba di Danau Toba dan pihaknya telah mengirim surat kepada instansi terkait menerapkan peraturan terkait penyeberangan kapal.

“Termasuk izin berlayar kapal, pengisian manifest, kelengkapan sekoci untuk kapal feri, kelengkapan life jacket, pelampung, dan standar keselamatan lainnya,” ujarnya.

Dikatakannya lagi, pihaknya bersama KSOPP juga sudah mengimbau agar pengusaha dan nahkoda kapal untuk teliti mengecek manifest/penumpang kapal, dan memastikan bahwa pemilik atau nahkoda kapal memberikan life jacket kepada penumpang saat mereka sudah berada di kapal.

“Setiap penumpang wajib menggunakan life jacket dan dilarang berjalan di lambung kapal saat kapal sedang berlayar, demi keselamatan dalam menikmati kegiatan berlayar di Danau Toba yang menjadi objek wisata utama di Kabupaten Samosir,” pungkasnya. (Hamzah/hm20)

Related Articles

Latest Articles