16.1 C
New York
Sunday, September 29, 2024

Butuh Alarm Peringatan Banjir, Objek Wisata di Toba ini Kerap Banjir

Toba, MISTAR.ID

Obyek wisata ‘Cafe Binanga’ yang berada di Sungai Lumban Rang Desa Sionggang Utara Kecamatan Lumbanjulu Kabupaten Toba sejak tiga tahun terakhir kerap dilanda banjir akibat tingginya curah hujan. Untuk itu, dibutuhkan Early Warning System (EWS) sebuah alat berupa alarm peringatan banjir.

Sejak tiga tahun terakhir banjir kembali terjadi pada Sabtu (28/9/24) sekitar pukul 18.00 Wib, dimana tinggi luapan air mencapai satu setengah meter dan merusak bantaran sungai dan beruntung tidak ada pengunjung yang menjadi korban dalam peristiwa tersebut.

Pelaku usaha cafe Binanga, Marandus Sirait mengatakan sungai tersebut kerap menjadi bulan-bulanan banjir apabila curah hujan tinggi. Hal ini disebabkan hutan lindung sudah banyak yang tidak terlindungi lagi.

Baca juga : Kawasan Pemandian Air Panas Pariban di Karo Dilanda Banjir

“Akibatnya tiga tahun belakangan selalu terjadi banjir besar, terhitung Desember 2021, Oktober 2022 dan Desember 2023, terakhir kemarin,” tutur Marandus, Minggu (29/9/24).

Dia berharap perhatian dari Pemerintah Kabupaten Toba, Balai Wilayah Sungai (BWS) Provinsi Sumatera Utara dan Kementerian untuk mengatasi persoalan banjir, terlebih saat ini sungai sudah dimanfaatkan warga sebagai obyek wisata favorit di Toba.

“Segeralah ada upaya dari pemerintah, sebelum menelan korban setidaknya berupa alarm peringatan banjir. Jangan bertindak setelah terjadi, itu namanya konyol. Mencegah lebih baik dari mengobati,” jelasnya.

Related Articles

Latest Articles