16.4 C
New York
Monday, April 29, 2024

Bupati Taput Terima Reses Anggota DPR-RI

Taput, MISTAR.ID – Bupati Tapanuli Utara Drs. Nikson Nababan, M.Si di dampingi Sekretaris Daerah Kabupaten Tapanuli Utara Indra Sahat Simaremare, SE, terima kunjungan kerja atau Reses Perseorangan Anggota DPR RI Sihar Sitorus Masa Persidangan I Tahun Sidang 2019-2020 dari Fraksi PDI Perjuangan di Tapanuli Utara yang dihadiri seluruh Pimpinan OPD, BUMN/BUMD serta perusahaan daerah, di Balai Data Kantor Bupati Tapanuli Utara, Rabu (8/1/20).

Dalam pertemuan itu, Bupati Taput menyampaikan sejumlah persoalan yang dihadapi Taput. Mulai dari persoalan kekuarang tenaga pendidik, pertanian, pemasaran hasil produksi dan lainnya.
“Kami masih kekuranganan guru, masih banyak sekolah gurunya hanya dua orang. Masih ada juga sekolah, guru kelasnya dari swasta. Apabila dipindahkan dari kota, guru yang sudah berkeluarga akan kesulitan karena jarak tempuh sekolah masih banyak yang sangat jauh ke pelosok, bisa memakan waktu hingga 3 jam. Kami berharap ini jadi pembahasan di komisi bapak,” ujar Bupati mengawali.

Selanjutnya Bupati menyampaikan bahwa masalah pertanian juga masih banyak yang harus dituntaskan, termasuk masalah pemasaran hasil produksi pertanian dan jaminan harga. “Kami memang sudah melakukan jaminan untuk beberapa produk pertanian, seperti cabai, bawang merah dan tomat. Tetapi kami terkendala karena belum adanya cold storage dan juga rice milling,” ujar Bupati menambahkan.

“Kami juga lagi fokus untuk peningkatan PAD. Untuk itu, masalah CSR kami berharap komisi bapak bisa menyampaikan agar kementerian yang mengatur. Kami percaya, kehadiran bapak di Tapanuli Utara akan membawa perubahan peningkatan perekonomian Tapanuli Utara,” ujar Bupati mengakhiri.

Dalam kesempatan itu, Kepala BPKPAD James Simanjuntak juga menyampaikan agar bapak Sihar Sitorus memberikan jalan propinsi dan nasional yang sudah rusak berat untuk diperhatikan dan dibahas di komisi XI karena keberadaan infrastruktur ini sangat mempengaruhi perputaran perekonomian di Tapanuli Utara.

Anggota DPR RI Sihar Sitorus mengaku sambutan OPD dan pemaparan yang disampaikan sangat lengkap dan cukup baik.
“Dari Kabupaten yang saya jalani, paparan OPD di sini yang paling lengkap, baik postur OPD maupun kendala kendala yang dihadapi. Permasalahan sektor pendidikan yang dihadapi Taput hampir sama dengan yang dialami Kabupaten Humbang Hasundutan dan Samosir. Jadi kita bisa ambil benang merahnya. Usia produktif juga selalu kecil di Tapanuli Utara, dimana banyak keluar daerah. Ini akan jadi pembahasan di Komisi XI,” ujar Sihar Sitorus dalam mengawali sambutannya.

Penulis : Fernando
Editor : Rika

Related Articles

Latest Articles