21.4 C
New York
Friday, May 3, 2024

Bupati Optimis Pembangunan Pengadilan Negeri Samosir akan Segera Terwujud

Samosir, MISTAR.ID

Bupati Samosir Vandiko Gultom optimis pembangunan gedung Pengadilan Negeri (PN) Samosir akan segera terwujud. Hal itu disampaikan Vandiko saat meninjau rencana lokasi pembangunan gedung PN di Kabupaten Samosir bersama Ketua Pengadilan Negeri Balige Makmur Pakpahan di Desa Siopat Sosor, Komplek Perkantoran Parbaba, Pangururan, Rabu (24/1/24).

Kepada Ketua Pengadilan Negeri Balige, Bupati menyampaikan bahwa dirinya optimis pembangunan Pengadilan Negeri Samosir akan terwujud dan Pemkab Samosir telah menyediakan lahan untuk pembangunan seluas 5.567 m² tersebut.

“Kami sangat berharap, pembangunan Pengadilan Negeri Samosir dapat terealisasi agar masyarakat dapat terbantu,” ujarnya.

Ia mengatakan, pembangunan Pengadilan Negeri di Kabupaten Samosir sangat penting untuk meringankan biaya masyarakat mengikuti berbagai persidangan dan untuk memberikan kemudahan pelayanan akses keadilan bagi masyarakat.

Baca Juga : Pemkab Samosir Bersama KMDT dan BPN Gelar Penyuluhan Hukum Permasalahan Tanah

Ketua PN Balige, Makmur Pakpahan mendukung pembangunan Pengadilan Negeri Samosir dan mengatakan akan memberikan dukungan serta akan memfasilitasi kepada Mahkamah Agung (MA).

Makmur Pakpahan mengungkapkan banyak perkara, khususnya perdata yang ditangani dari Kabupaten Samosir dan perkara yang ditangani wilayah hukum Pengadilan Negeri Balige mayoritas dari Kabupaten Samosir.

“Bahkan mencapai 70% dari perkara yang kami tangani. Semoga pembangunan Pengadilan Negeri Samosir dapat dipercepat,” katanya.

Lebih lanjut ia mengatakan, jika untuk orientasi pelayanan masyarakat dalam menciptakan keadilan, pihaknya optimis bahwa Pengadilan Negeri Samosir terealisasi dan segera dibangun. (josner/hm24)

Related Articles

Latest Articles