15.2 C
New York
Wednesday, May 15, 2024

Bupati Deli Serdang Resmikan 2 RSUD dan 1 Puskesmas

Deli Serdang, MISTAR.ID

Tiga rumah sakit (RS) Pemkab Deli Serdang diharapkan bisa segera naik kelas.Karena hal itu akan mendorong dan memotivasi seluruh sumber daya manusia (SDM) kesehatan di Deli Serdang.

“RSUD H Amri Tambunan yang merupakan pusat rujukan pelayanan saat ini berstatus Kelas B Pendidikan. Sedangkan RSUD Bangun Purba status tipe D Pratama yang akan ditingkatkan menjadi tipe D dan telah dipersiapkan berbagai spesialis yang dibutuhkan.Kemudian RSUD Pancur Batu dengan status Tipe D dan menjadi Tipe C dan sudah terakreditasi Paripurna,” kata Bupati Deli Serdang, H. Ashari Tambunan ketika meresmikan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bangun Purba dan Puskesmas Sialang, sekaligus RSUD Pancur Batu, Rabu (30/11/22).

Ashari Tambunan berharapkan,dapat naik kelas karena rumah sakit tersebut akan mendorong dan memotivasi SDM di seluruh rumah sakit untuk bekerja dengan maksimal.

Baca juga:Warga Datangi Kantor Bupati Deli Serdang Minta Kades Perdamean Diberhentikan

“Semua itu untuk meningkatkan capaian 10 standart mutu pelayanan kesehatan guna mewujudkan derajat kesehatan untuk semua lapisan masysrakat,” tegas Bupati Ashari Tambunan.

Ashari juga memaparkan tentang keberhasilan Pemkab Deli Serdang meraih penghargaan dari Kementerian Kesehatan pada Program Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) Tingkat Nasional Tahun 2022.

Penghargaan tersebut, tambahnya, cukup memberikan kebanggaan dan membesarkan hati,serta memotivasi jajaran Pemkab Deli Serdang.

“Luar biasa! Sangat membanggakan dan membesarkan hati, memotivasi. Dan Kabupaten Deli Serdang masuk delapan besar. Mestinya tiga besarlah.Tapi delapan besar sudah membanggakan. Dengan sanitasi terbaik dan kepala desa yang amat luar biasa. Ini sangat dihargai pemerintah pusat, sebagai kepala desa terbaik dalam kegiatan itu. Juga penghargaan khusus kepada tokoh masyarakat yang dianggap berperan dalam pelaksanaan program. Kesemuanya dinilai sebagai orang-orang yang berjasa dan diakui jasanya secara nasional,” papar Bupati Ashari Tambunan disambut tepuk tangan meriah dari tamu yang hadir.

Sebelumnya, Kepala Dinas Kesehatan Deli Serdang, dr Ade Budi Krista dalam laporannya menyampaikan, RSUD Bangun Purba sebelumnya adalah Puskesmas Rawat Inap.

“Sesuai visi misi Kabupaten Deli Serdang dan arahan Bapak Bupati, telah ditingkatkan menjadi RSUD Tipe D Pratama. Pada Agustus 2022, RSUD Bangun Purba telah memiliki izin operasonal resmi dan telah terregistrasi di Kemenkes. Dengan beroperasinya RSUD Bangun Purba, saat ini Kabupaten Deli Serdang memiliki tiga RSUD, dan 34 Puskesmas,” jelas Ade.

Dijelaskan Ade, RSUD akan terus ditingkatkan sarana dan prasarana, serta SDM-nya.Tahun 2023, di RSUD Bangun Purba akan ditingkatkan dengan dibukanya layanan spesialis, yakni spesialis penyakit dalam, kebidanan dan kandungan atau obgyn, dan spesialis anak, sehingga bisa menjadi Tipe D.

Baca juga:Bupati Deli Serdang Resmikan 5 Masjid dan Kantor Desa di Kecamatan Beringin

“Yang menjadi pengganti Puskesmas Bangun Purba adalah Puskesmas Sialang dan rawat inap. Pembangunannya dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Deli Serdang dan sudah beroperasi dengan fasilitas tingkat I di Kecamatan Bangun Purba,” sebut dr Ade.

Di Pancur Batu, paparnya, juga sudah ada RSUD Pancur Batu yang sebelumnya Puskesmas Rawat Inap. Dan sudah beroperasi sejak Januari 2020 lalu, dan telah berperan aktif dalam penanangan isolasi Covid-19 saat puncak pandemi.

Acara tersebut, dirangkai juga dengan pemberian penghargaan tingkat kabupaten kepada sembilan tenaga kesehatan, penghargaan Puskesmas Teladan Terbaik Tingkat Kabupaten kepada enam Puskesma, penghargaan tingkat provinsi kepada empat tenaga kesehatan, dan penghargaan dari Kemenkes RI. (rinaldi/hm06)

 

Related Articles

Latest Articles