23.4 C
New York
Monday, April 29, 2024

Bos F1H2O ‘Tantang’ Indonesia Kontrak 50 Tahun di Danau Toba

Simalungun, MISTAR.ID

Para pebalap, termasuk Big Bos F1H20 mengakui perairan Danau Toba yang kedalamannya mencapai 508 meter, merupakan sirkuit balap Powerboat yang terbaik di seluruh dunia karena panorama dan keindahan alamnya yang sangat luar biasa.

Nicolo Di San Germano selaku Big Bos F1 Powerboat mengatakan hal itu kepada panitia F1H20. Lomba perahu motor cepat itu kini sedang berlangsung di perairan Danau Toba, Kecamatan Balige,  Kabupaten Toba.

Melansir SewelutTV di YouTube, Minggu (26/2/23), Menko Maritim dan Investasi (Marvest) Luhut Binsar Panjaitan meminta kepada Nicola Di San Germano agar Danau Toba dijadikan sebagai tuan rumah F1H2O selama 20 tahun.

Baca Juga:Ajang F1H2O Toba, 101 Media Diharapkan Jangkau 180 Juta Viewers

Hal itu disampaikan Luhut mengingat kontrak Indonesia sebaga tuan rumah hanya 5 tahun menjadikan perairan Danau Toba sebagai sirkuit balapan F1 Powerboat. Permohonan tersebut dikemukakan Luhut pada kesempatan konferensi pers event F1H2O Danau Toba di Balige,  Jumat (24/2/23) lalu.

Permintaan Luhut ini mendapat respon yang sangat tak terduga dari pendiri F1H2O Racing, Nicolo Di San Germano. Dengan sangat bangga dia mengapresiasi permintaan Luhut tersebut. “Kenapa hanya 20 tahun saja? Danau Toba bisa menjadi tuan rumah sampai 50 tahun dan setelah hari Minggu seluruh tim selesai bertanding dan akan ada pemenang, saya mau katakan bahwa pemenang sesungguhnya adalah Indonesia yang telah berhasil menjadi tuan rumah yang luar biasa,” kata pendiri F1H20 Racing tersebut.

“Sungguh saya bangga pada anda selaku tuan rumah dan ini adalah kemenangan anda (Indonesia),” sambung Nicolo Di San Germano membuat Luhut terlihat senyum bahagia.

Baca Juga:F1H2O Balige: Inti Kota Sepi, Kelurahan Onan Pardede Disesaki Pengunjung

Kejuaraan dunia Formula 1 yang berlangsung di perairan Danau Toba pada 24-25 Febuari 2023 merupakan balap kapal boat kelas tertinggi di dunia atau setara dengan balapan mobil F1.

Perlu diketahui, F1 Powerboat adalah kompetisi Internasional untuk motor perahu yang diselenggarakan Union Internationale Motonautique dan dipromosikan oleh H2O Racing dan disebut F1H2O. Para pebalap F1H20 ini diikuti pebalap Powerboat beberapa negara di dunia, di antaranya dari Inggris, Ukraina, Arab Saudi, Cina, Portugis, Brasil, Prancis, Korea Selatan dan Qatar.(maris/hm15)

Related Articles

Latest Articles