14.3 C
New York
Tuesday, April 30, 2024

BMKG Medan : Waspada Hujan Lebat di Wilayah Pegunungan Sumut

Medan, MISTAR.ID

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) wilayah I Medan mengeluarkan imbauan untuk mewaspadai potensi hujan dengan intensitas lebat di beberapa daerah di Sumatera Utara (Sumut).

“Kondisi ini berpotensi terjadi di wilayah pegunungan, lereng barat dan lereng timur pada siang – sore hari,” ujar Prakirawan BMKG wilayah I Medan Budi Prasetyo, Kamis (22/6/23).

Budi mengatakan, pagi hari di Sumut cenderung berawan, namun hujan ringan berpotensi terjadi di Kepulauan Nias. Dikatakan Budi, siang – sore hari hujan ringan hingga lebat berpotensi terjadi di Taput, Langkat, Karo, Deli Serdang, Madina dan Humbahas.

Baca juga: BMKG: Waspadai Gelombang Setinggi Capai 4 Meter di Perairan Indonesia

“Termasuk Samosir, Pematang Siantar, Tanjung Balai, Padangsidimpuan, Labuhanbatu dan Padang Lawas,” ungkapnya.

Budi menuturkan, malam hari hujan ringan hingga sedang diperkirakan akan terjadi di Tapteng, Taput, Paluta, Karo, Deli Serdang, Asahan, Simalungun, Dairi, Toba, Medan, Sergai, Pematang Siantar dan Padang Lawas.

“Untuk dini hari seluruh wilayah di Sumut berawan,” ucapnya.

Budi menjelaskan, suhu udara Sumut hari ini berada pada kisaran 16.0 – 34.0⁰ C. Kelembaban udara 60 – 95%, sementara angin yang bertiup dari tenggara ke barat daya berkekuatan 10 – 20 km/jam.

Baca juga: BMKG Imbau Masyarakat Pasca Tanimbar Maluku Diguncang Gempa M5,1

Budi mengatakan, pihaknya juga mendeteksi 33 titik panas (hotspot) yang tersebar di beberapa daerah. Diantaranya 14 titik terdapat di Tapsel, 6 titik di Taput, 5 titik di Madina, serta masing-masing 3 titik di Palas dan Sibolga.

“Titik panas lainnya terdeteksi masing-masing 1 titik di Labusel dan Labuhanbatu,” pungkasnya. (ial/hm17)

Related Articles

Latest Articles