15 C
New York
Sunday, April 28, 2024

BMKG Deteksi Enam Titik Panas di Sumut

Medan, MISTAR.ID

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) wilayah I Medan menyebutkan sebanyak enam titik panas (hotspot) terdeteksi di sejumlah wilayah di Sumatera Utara (Sumut), Minggu (22/5/22).

Titik panas itu terpantau melalui sensor modis (Satelit, Tera, Aqua, SNNP dan NOAA20).

Enam titik panas itu terdeteksi satu titik di Kecamatan Dolok Sigompon Kabupaten Labuhanbatu dan satu titik di Kecamatan Lumut Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng).

Baca Juga:BMKG Prakirakan Hujan Deras Guyur Sejumlah Provinsi di Indonesia

“Kemudian masing-masing dua titik berada di Kabupaten Dairi dan Mandailing Natal (Madina),” ujar Kepala BMKG wilayah I Medan Darmawan melalui Prakirawannya Budi Prasetyo.

Budi menjelaskan, pagi hari cuaca Sumut cenderung berawan. Siang hari hujan ringan hingga sedang berpotensi terjadi di Sibolga, Tapanuli Tengah (Tapteng), Langkat dan Pakpak Bharat.

“Malam hari hujan akan terjadi di Kepulauan Nias, Medan, Batu Bara, Serdang Bedagai (Sergai), Asahan dan Tanjung Balai,” sebutnya.

Budi mengatakan, suhu udara Sumatera Utara hari ini berada pada kisaran 17.0 – 33.0⁰C. Kelembaban udara 60 – 95% dan angin yang bertiup dari barat daya ke utara berkekuatan 5 – 30 Km/Jam. (ial/hm12)

Related Articles

Latest Articles