17.7 C
New York
Monday, October 7, 2024

Bhabinkamtibmas Polsek Palipi Laksanakan Pelayanan Terhadap ODGJ

Samosir, MISTAR.ID

Bhabinkamtibmas Polsek Palipi melaksanakan pelayanan kepada orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) diduga desa warga binaan, yaitu Desa Simbolon Purba dan Desa Sigaol Simbolon, Kecamatan Palipi, Kabupaten Samosir.

Dalam dua hari berturut-turut, Aipda Asa mendampingi tim kesehatan dari Puskesmas Mogang dalam menangani pasien ODGJ yang mengganggu kenyamanan warga tersebut.

Personel yang melaksanakan tugas, Aipda Asa Melki mengatakan, pada 6 Oktober 2024, Aipda Asa Melki mendampingi tim kesehatan menuju kediaman seorang ODGJ di Desa Simbolon Purba.

Pasien tersebut berinisial TS berusia 32 tahun, dilaporkan telah menyendiri selama tiga minggu dan dalam seminggu terakhir mulai mengganggu warga sekitar dengan mengetuk pintu rumah tetangga di malam hari.

Baca Juga :  Polsek Palipi Tangani Kasus Isu Begu Ganjang, Kedua Pihak Berhasil Didamaikan

Dengan bantuan keluarga dan masyarakat, Aipda Asa berhasil menenangkan TS, sehingga tim medis dapat memberikan suntikan obat dan vitamin yang dibutuhkan.

“Untuk sementara pasien akan tinggal bersama abang kandungnya, ACS, yang bersedia merawatnya. Kami telah menyarankan agar pasien diawasi dengan baik dan segera menghubungi pihak berwenang jika diperlukan,” ujarnya, Senin (7/10/24).

Pada hari kedua, 7 Oktober 2024, Aipda Asa Melki kembali mendampingi proses rujukan pasien ODGJ lainnya, RP (33) ke RSUD Hadrianus Sinaga, bersama Babinsa Kopda Zefri Saragih.

Bhabinkamtibmas bersama tim kesehatan dari Puskesmas Mogang bersama memegang pasien untuk memastikan keselamatan selama perjalanan menuju rumah sakit, dimana RP akan ditangani oleh dokter kejiwaan.

Syahrial Siregar
Syahrial Siregar
Alumni STIK-P Medan. Menjadi jurnalis sejak 2008 dan sekarang redaktur untuk portal mistar.id

Related Articles

Latest Articles