26.3 C
New York
Wednesday, May 8, 2024

Bangun Sari Baru dan Sukamandi Hilir Dicanangkan Jadi Desa Cantik Deli Serdang

Deli Serdang, MISTAR.ID

Desa Bangun Sari Baru, Kecamatan Tanjung Morawa dan Sukamandi Hilir, Kecamatan Pagar Merbau dicanangkan menjadi Desa Cinta Statistik (Cantik) Kabupaten Deli Serdang.

Pencangan yang dihadiri Sekdakab Deli Serdang Darwin Zein itu berlangsung di Gedung Pusat Pengembangan Produk Unggulan Daerah (P3UD) Deli Serdang, Jalan Medan-Tebing Tinggi, Kecamatan Tanjung Morawa, Kamis (8/9/22).

“Seperti yang pernah disampaikan presiden, yakni membangun Indonesia secara adil dan merata yaitu membangun Indonesia-sentris mulai dari pinggiran, desa, pulau terdepan hingga perbatasan. Karenanya, peran desa sangat penting sebagai subjek dan ujung tombak pembangunan Indonesia,” kata Sekdakab Darwin Zein.

Baca Juga:Pria di Deli Serdang Diciduk di Warkop Saat Tunggu Pembeli Togel

Hanya saja, tambah Darwin Zein, kenyataannya saat ini desa masih menjadi objek dalam pengelolaan dan pemanfaatan data. Hal ini dibuktikan dengan dua hal. Pertama, berbagai data dikumpulkan di desa, tetapi tidak semua meninggalkan jejak data dan tidak saling terhubung. Kedua, desa belum cukup mampu untuk menghasilkan, mengelola dan mendapatkan manfaat dari data yang ada di desa.

Dijelaskannya, selaras dengan amanat UU statistik No.16 tahun 1997, Badan Pusat Statistik (BPS) bertanggung jawab melakukan pembinaan penyelenggaraan kegiatan statistik, serta sesuai Peraturan Presiden (Perpres) No. 39 tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia.

Kata Darwin, BPS juga berperan sebagai pembina data statistik dalam penyelenggaraan Satu Data Indonesia. Oleh sebab itu, BPS juga memiliki tanggungjawab terhadap pembinaan statistik sektoral di tingkat desa/kelurahan secara berkesinambungan dan komprehensif yang diwujudkan melalui Desa Cantik.

Desa Cantik, merupakan program percepatan (quick wins) implementasi pembinaan statistik sektoral oleh BPS yang berfokus pada desa, melalui standardisasi pengelolaan data statistik untuk menjaga kualitas dan keterbandingan data, serta peningkatan kesadaran dan peran aktif perangkat desa dan masyarakat dalam penyelenggaraan kegiatan statistik.

Baca Juga:Pemkab Deli Serdang Dukung Program Percepatan Sanitasi Pemukiman

“Program Desa Cantik yang diterapkan di seluruh Indonesia, termasuk Kabupaten Deli Serdang tahun 2022 yakni Desa Bangun Sari Baru dan Desa Sukamandi Hilir,” sebutnya.

Menurut Darwin, Desa Cantik secara khusus bertujuan untuk meningkatkan kapasitas desa/kelurahan dalam mengidentifikasi kebutuhan data dan potensi yang dimiliki desa dalam rangka mengentaskan kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Begitu juga pengelolaan data yang bersifat pemenuhan kebutuhan, pengembangan pendataan yang sesuai dengan potensi desa (kearifan lokal), implementasi pemanfaatan data dalam kebijakan pembangunan desa dan peningkatan literasi statistik masyarakat desa.

Hadir dari pihak BPS Deli Serdang Sawaluddin Naibaho, beserta staf. Sementara, Sekda turut didampingi Asisten I Pemerintahan dan Kesejahetraan Rakyat, Citra Effendi Capah, Kepala Badan BappedaLitbang, Dr Remus Hasiholan Pardede, Kepala Kabag Tata Pemerintahan David Efrata Tarigan, Camat Tanjung Morawa, Ismail, Camat Pagar Merbau, perwakilan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, Kades Bangun Sari Baru, Septiananda dan Kades Sukamandi Hilir Bahrul Ilmi.(rinaldi/hm12)

Related Articles

Latest Articles