11.6 C
New York
Sunday, April 28, 2024

Atasi Stunting, Bupati Humbahas Ingatkan Bidan Desa soal 5 Fase

Humbahas, MISTAR.ID

Bupati Humbang Hasundutan Dosmar Banjarnahor, menginstruksikan agar bidan desa bekerja dengan mengutamakan kemanusiaan dan berempati kepada masyarakat. Hal ini disampaikan ketika melaksanakan kunjungan kerja ke Puskesmas Lintongnihuta, Senin 15 Januari 2024.

Menurut Bupati, angka stunting di Kabupaten Humbang Hasundutan sudah berhasil turun, bahkan melebihi target dan saat ini mencapai 7%. Sasaran 0% adalah tujuan. Karena itu diharapkan semua pihak bisa bergandengan tangan dan bekerja sama untuk mencapai sasaran ini.

Ada 5 fase yang harus secara rutin diperiksa oleh Bidan Desa, yakni remaja perempuan, calon pengantin, ibu hamil, ibu melahirkan dan anak yang dilahirkan. Masing-masing fase harus betul-betul diperhatikan dan ditangani. Penanganan semua fase ini ada ditangan tenaga kesehatan secara khusus bidan desa. Bidan desa adalah ujung tombak keberhasilan kita dalam menurunkan angka stunting.

“Penurunan angka stunting sangat berkaitan erat dengan kemajuan generasi kita. Oleh karena itu, pekerjaan bidan desa harus mengutamakan kemanusiaan dan harus berempati akan kehidupan dan masa depan masyarakat kita,” ujarnya.

Pada kesempatan itu bupati memberu ruang diskusi dua arah. Hasilnya beberapa bidan desa menyampaikan beberapa kendala, yakni soal sanitasi, sumber air bersih dan pola hidup masyarakat.

Menyikapi keluhan ini Bupati menginstruksikan agar masing masing OPD terkait bekerja menangani sesuai permasalahan yang ada sesuai dengan tugas dan fungsinya. Masalah pola hidup, ini menjadi tanggung jawab semua pihak dan sebagai ujung tombak dalam penurunan stunting ini, bidan desa menjadi yang pertama dan pioner untuk perubahan. (mian/hm17)

Related Articles

Latest Articles