15 C
New York
Sunday, April 28, 2024

Ashari Tambunan: Guru Diharapkan Menanamkan Inovasi kepada Generasi Muda

Deli Serdang, MISTAR.ID

Bupati Deli Serdang H Ashari Tambunan menegaskan, seseorang tidak akan mungkin mengemban profesi masing-masing tanpa peran guru. Karenanya, ia menyampaikan rasa hormat, penghargaan dan apresiasi tinggi kepada seluruh guru di Indonesia khususnya di Kabupaten Deli Serdang.

“Peran bapak dan ibu guru sungguh luar biasa untuk menentukan nasib generasi muda mendatang. Bapak dan ibu guru lah yang sejak sekarang diharapkan menanamkan kepada mereka semangat untuk berkreasi, inovasi dan semangat meningkatkan kemampuan. Sehingga bisa memberi nilai tambah pada setiap potensi yang ada,” kata Ashari Tambunan pada acara puncak Hari Ulang Tahun PGRI ke 76 dan Hari Guru Nasional Tahun 2021 di Prime Plaza Hotel Kualanamu,Desa Tumpatan Nibung, Kecamatan Batang Kuis, Rabu (1/12/21)

Dikatakan Ashari, bahwa sudah menjadi kesepakatan bersama masyarakat Deli Serdang saat ini dan masa depan tidak hanya sekedar menjadi orang-orang yang cerdas, cendikiawan, tetapi tetap diharapkan menjadi orang yang berkarakter mulia.

Baca juga:550 Guru di Batu Bara Tes Urin

Begitu juga visi yang sudah disepakati yakni Deliserdang yang maju, sejahtera dengan masyarakatnya yang religius dan rukun dalam kebhinekaan.

“Salah satu misi yang harus dilaksanakan untuk mencapai visi ini adalah meningkatkan sumber daya manusia yang berkualitas dan itu hanya bisa dicapai melalui proses pendidikan,” paparnya.

Ashari juga menyambut baik tema HUT PGRI Tahun 2021 “Bergerak dengan hati,pulihkan pendidikan melalui guru-guru yang tangguh untuk mewujudkan Deli Serdang yang maju dan sejahtera,”

Menurutnya, tema ini relevan dengan situasi yang masih dihadapi yakni pandemi Covid-19. Untuk itu,ia berharap peringatan hari guru harus jadi momentum untuk berbenah menyiapkan generasi muda yang tanggap dan tangguh,karena guru sangat penting dalam menentukan masa depan bangsa.

Ketua PGRI Sumatera Utara, Abdurrahman Siregar dalam sambutannya menjelaskan bahwa PGRI sudah berdiri sejak zaman Belanda dengan nama Persatuan Guru Hindia Belanda (PGHB) tahun 1912. Kemudian tahun 1935 lahirlah Persatuan Guru Indonesia, namun karena Jepang masuk, lantas Persatuan Guru Indonesia di stop.

“Akhirnya pada 24 dan 25 November 1945, PGRI mengadakan kongres dan lahirlah Persatuan Guru Republik Indonesia di Surakarta,” tutur Abdurrahman Siregar.

Baca juga:Sebanyak 315 Peserta Mendaftar PPPK Guru Tahap II di Siantar

Sebelumnya, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Deli Serdang, Yudi Hilmawan menyebutkan, pada acara puncak HUT PGRI ke 76 dan Hari Guru Nasional tahun 2021 tingkat Kabupaten Deli Serdang, diberikan penghargaan kepada 38 Kepala Sekolah Penggerak Angkatan I dengan rincian 2 jenjang PAUD, 23 jenjang SD dan 13 jenjang SMP. Sekaligus penyerahan penghargaan TOP 99 Inovasi Pelayanan Publik dari Menpan RB.

Hadir dalam kegiatan itu, Wakil Bupati Deli Serdang HM Ali Yusuf Siregar, Sekdakab Darwin Zein, Forkopimda, Wakil Ketua TP PKK Hj Sri Pepeni Yusuf Siregar, Ketua Dharmawanita, Herawati Darwin dan sejumlah Kepala OPD Pemkab Deli Serdang.(rinaldi/hm06)

 

Related Articles

Latest Articles