15.8 C
New York
Tuesday, April 30, 2024

Angka Kelahiran Total Sumatera Utara Jauh dari Target

Deli Serdang, MISTAR.ID

Kepala BKKBN RI, dr. Hasto Wardoyo mengungkapkan angka total kelahiran di Sumatera Utara masih jauh dari target. Hal tersebut diungkapkan dalam kunjungan kerja ke Kabupaten Deli Serdang, Kamis (10/3/22).

Kepala BKKBN RI DR.(HC) dr. Hasto Wardoyo mengatakan, berdasarkan pendataan keluarga tahun 2021, angka TFR (Tital Fertility Rate) atau angka kelahiran total Sumatera Utara sebesar 2,60. hal ini masih jauh target yang diharapkan yaitu 2,16. Sedangkan angka prevalensi stunting Sumatera Utara sebesar 25,8. Angka ini cukup jauh dari harapan Presiden yaitu 14 % pada tahun 2024 (SSGI 2021).

“Namun angka prevalensi stunting di Kabupaten Deli Serdang sudah mencapai 12,5 %. Angka terendah prevalensi stunting dari 33 kabupaten/kota di Sumatera Utara,” kata Hasto.

Baca juga:BKKBN Ajak Perguruan Tinggi Ikut Perangi Stunting

Kedatangan Hasto Wardoyo disambut Wakil Bupati (Wabup) Deli Serdang HM. Ali Yusuf Siregar.
Kunjungan Hasto sendiri dalam rangka Deklarasi Tim Pendamping Keluarga se Kabupaten Deli Serdang,sekaligus pencanangan bakti Sosial Ikatan Bidan Indonesia (IBI) tahun 2022 yang ditandai dengan pemukulan gong, di Balairung Pemkab Deli Serdang.

Wabup Yusuf Siregar menyampaikan, bahwa Pemkab Deli Serdang akan terus mendorong dan mendukung keberhasilan program KB kesehatan di daerah itu.Melalui berbagai program yang bersinergi, termasuk program penurunan dan pengendalian angka stunting di Kabupaten Deli Serdang.

“Kita harus terus melakukan perbaikan, untuk peningkatan kesejahteraan warga dengan membangun sektor-sektor strategis guna menjawab tuntutan perbaikan kehidupan warga yang cenderung semakin tinggi.Bahkan semakin kompleks,” papar Yusuf Siregar.

Kata Yusuf Siregar, Kabupaten Deli Serdang akan terus mengkatkan pelayanan KB persalinan dalam rangka menurunkan dan mengendalikan angka stunting di  Sumatera Utara khususnya di Kabupaten Deli Serdang.

Sebelumnya Kadis P3AP2KB Deli Serdang,Era Permata Sari dalam laporannya menjelaskan,tujuannya yaitu kegiatan tersebut agar terlaksananya peran aktif mitra kerja dalam proses advokasi dan program bangga kencana. Juga tersampaikannya informasi program bangga kencana percepatan penurunan stunting.

Acara tersebut dirangkai dengan penyerahan kartu paket data Telkomsel kepada Tim Pendamping Keluarga, serta pengukuhan juang kencana Kabupaten Deli Serdang, sekaligus penyerahan petaka.

Hadir pada acara tersebut, Deputi Lalitbang BKKBN RI Prof. DR HM.Rizal Martua Damanik,Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Sumatera Utara, Muhammad Irzal,anggota DPRD Deli Serdang Hj Sa’adah Lubis, Ketua TP PKK Deli Serdang Hj. Yunita Ashari Tambunan, Wakil Ketua TP PKK Hj. Sri Pepeni Yusuf Siregar, Ketua Dharma Wanita Herawati Darwin Zein, Kasdim 0204/DS Mayor Inf Toto Trianto.

Turut hadir mendampingi Wabup,SekdaKab Deli Serdang Darwin Zein,Asisten I Pemerintahan dan Kesra Citra Effendi Capah, para Pimpinan OPD serta para Camat se-Kabupaten Deli Serdang.(rinaldi/hm06)

 

Related Articles

Latest Articles