15 C
New York
Sunday, April 28, 2024

35 Titik Panas Terdeteksi di Sumut, Paling Banyak di Paluta

Medan, MISTAR.ID

Sebanyak 35 titik panas (hotspot) yang tersebar di beberapa wilayah di Sumatera Utara (Sumut) terdeteksi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) wilayah I Medan, Minggu (17/7/22).

BMKG mencatat, hotspot terbanyak berada di Padang Lawas Utara (Paluta) sebanyak 7 titik. Kemudian Mandailing Natal (Madina) 6 titik, disusul Padang Lawas (Palas) sebanyak 5 titik.

“Lalu masing-masing 4 titik terdeteksi di Tapteng dan Humbahas, selanjutnya 3 titik ada di Kabupaten Tanah Karo,” ujar Kepala BMKG wilayah I Medan Darmawan melalui Prakirawannya Utami Al Khairiyah.

Baca Juga:Cuaca Kerap Berubah-ubah, Ini Penjelasan BMKG Wilayah I Medan

Utami mengatakan, 2 hotspot selanjutnya terdeteksi di Kabupaten Nias. Sementara empat hotspot tersisa masing-masing satu titik di Kabupaten Dairi, Nias Selatan (Nisel) Samosir dan Tapanuli Selatan (Tapsel).

“Untuk pagi dan siang hari ini wilayah Sumut cenderung cerah berawan,” ungkapnya.

Namun, pada malam hari berpotensi hujan ringan hingga sedang di wilayah Langkat, Karo, Deli Serdang, Medan, Simalungun, Samosir dan sekitarnya. Cuaca akan kembali berawan banyak pada dini harinya.

Suhu udara Sumut hari berada pada kisaran 17.0 – 33.0°C. Kelembapan udara 60 – 98%, sementara angin yang bertiup dari arah Tenggara ke Barat Laut berkekuatan 5 – 30 km/jam. “Tidak ada peringatan dini yang dikeluarkan BMKG hari ini,” sebutnya. (ial/hm12)

Related Articles

Latest Articles