20.3 C
New York
Wednesday, May 8, 2024

264 Warga Binaan Rutan Pangkalan Brandan Divaksin Dosis 1

Langkat, MISTAR.ID

Sebanyak 264 warga binaan pemasyarakatan (WBP) di Rumah Tahanan Negara Klas II B Pangkalan Brandan menjalani vaksinasi Covid-19, Senin (30/8/21). Vaksinasi tersebut merupakan kerja sama antara Rutan Pangkalan Brandan, Satgas Covid-19, Dinas Kesehatan Langkat serta Polres Langkat.

Kepala Rutan Klas II B Pangkalan Brandan Erwin Fransiskus Simangunsong ketika dikonfirmasi Mistar, Senin (30/8/21) mengatakan, saat ini jumlah tahanan sebanyak 461 orang. Terdiri dari 388 orang narapidana, 73 orang tahanan.

Dari jumlah warga binaan tersebut, yang mendapatkan vaksinasi dosis pertama sebanyak 264 orang. Sedangkan tambahan vaksin bagi keluarga petugas rutan Pangkalan Brandan sebanyak 25 orang.

Baca Juga:Para Warga Binaan di Rutan Labuhan Deli Dibekali Ketrampilan Usaha

Erwin berharap seluruh warga binaan di Rutan Klas II B Pangkalan Brandan mendapatkan vaksinasi. Vaksinasi bagi warga binaan merupakan upaya dari Rutan Pangkalan Brandan dalam membentuk herd immunity bagi seluruh warga binaan dan mengurangi risiko penularan virus Covid-19 di dalam rutan.

“Vaksinasi merupakan salah satu cara dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Bagi warga binaan yang sudah divaksin, diharapkan tetap menjaga protokol kesehatan 3M,” jelas Erwin.

Tim kesehatan dari Puskesmas Pangkalan Brandan dr Hj Mustika Hidayatti ketika dikonfirmasi Mistar, Senin (30/8/21) menjelaskan, kegiatan yang dilakukan di Rutan Pangkalan Brandan adalah vaksinasi dosis tahap pertama (vaksin Sinovac).

Baca Juga:50 Napi Tipikor Termasuk Mantan Wali Kota Medan Divaksin

“Jumlah vaksin yang tersedia untuk warga binaan sebanyak 264. Vaksinasi ini juga berlangsung dengan mematuhi protokol kesehatan. Mulai dari pemeriksaan suhu tubuh, tekanan darah hingga proses penyuntikan vaksin. Dari pemeriksaan tim medis Puskesmas Brandan, tidak ada warga binaan di Rutan Brandan yang mengalami sakit kronis. Jadi 264 orang warga binaan dapat divaksin,” ujarnya.

Dalam vaksinasi di Rutan Pangkalan Brandan, terlihat hadir Kapolsek Brandan beserta jajarannya untuk membantu petugas rutan dalam menjaga kamtibmas di rutan. Kegiatan vaksinasi ini berjalan tertib dan aman. (gun/hm14)

Related Articles

Latest Articles