20.3 C
New York
Wednesday, May 8, 2024

19 Titik Panas Terdeteksi di Sumut, Suhu Tertinggi Capai 35⁰ C

Medan, MISTAR.ID

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) wilayah I Medan menyebut sebanyak 19 titik panas (hotspot) terdeteksi di sejumlah wilayah di Sumatera Utara (Sumut) hari ini, Sabtu (9/7/22).

Hotspot terbanyak terdapat di Humbang Hasundutan (Humbahas) yakni lima titik. Kemudian empat titik terdeteksi di Tanah Karo. Selanjutnya masing-masing 3 titik ada di Kabupaten Padan Lawas (Palas) dan Serdang Bedagai (Sergai).

“Empat titik tersisa masing-masing dua titik ada di Dairi dan Labuhanbatu,” ujar Kepala BMKG wilayah I Medan Darmawan melalui Prakirawannya Utami Al Khairiyah.

Baca juga: 13 Titik Panas Terdeteksi di Sumut, Suhu Tertinggi Capai 34⁰ C

Utami menjelaskan, pagi hari Sumut cerah berawan dan berpotensi hujan ringan terjadi di Tapteng, Humbahas, Pakpak Bharat dan sekitarnya. Siang hari juga berawan, hujan diperkirakan akan terjadi di Kepulauan Nias, Dairi, Pakpak Bharat, Tapteng, Taput Humbahas, Madina, Tapsel dan sekitarnya.

Untuk malam hari hampir setengah wilayah di Sumut juga berawan. Namun, hujan diperkirakan terjadi di Kepulauan Nias, Langkat, Binjai, Karo, Dairi, Pakpak Bharat, Samosir, Tapteng, Taput, Humbahas, Madina, Tapsel, Palas, Paluta dan sekitarnya.

“Pada dini hari seluruh wilayah Sumut akan berawan,” katanya.

Utami menjelaskan, suhu udara Sumut hari ini berada pada kisaran 17.0 – 35.0°C. Kelembaban udara 60 – 98 % dan angin yang bertiup dari Barat Daya ke Barat Laut berkekuatan 5 – 30 Km/jam.

Baca juga: BMKG: 12 Titik Panas Terpantau di Sumut

Utami mengungkapkan, sejak kemarin angin Bahorok aktif lagi. Suhu panas disertai angin yang cukup kencang masih berpotensi terjadi hingga 2 hari ke depan.

“Masyarakat diimbau untuk mengurangi aktifitas di luar ruangan dan perbanyak minum untuk menghindari dehidrasi, serta berhati-hati terhadap hal-hal yang memicu kebakaran hutan dan lahan,” pungkasnya. (ial/hm09)

Related Articles

Latest Articles