12 C
New York
Monday, May 13, 2024

136 Rumah Tangga di Deli Serdang Penerima Penyalaan Pertama Program BPBL

Deli Serdang, MISTAR.ID

Sebanyak 136 rumah tangga di Kabupaten Deli Serdang menjadi penerima penyalaan pertama program Bantuan Pasang Baru Listrik (BPBL) dari keseluruhan sebanyak 894 sambungan. Ini merupakan wujud perhatian dan kepedulian pemerintah pusat kepada Provinsi Sumut khususnya Deli Serdang.

Ke-136 rumah tangga tersebut tersebar di sejumlah kecamatan, di antaranya Kecamatan Pantai Labu dan Pagar Merbau.

“Untuk Sumut, ada 5.600 rumah tangga yang mendapat program BPBL dan Deli Serdang sebanyak 136 rumah tangga,” kata Wakil Bupati Ali Yusuf Siregar pada peresmian dan penyalaan pertama program BPBL Sumut di Desa Rantau Panjang, Kecamatan Pantai Labu, Selasa (25/10/22).

Baca Juga:BAMS Monitoring Program BSPS Upaya Ketersediaan Rumah Layak Huni di Karo

Diharapkan Yusuf, program BPBL bisa memberi dampak besar, terutama dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan memperoleh listrik yang lebih efektif dan efisien. Program ini juga diharapkan bisa membantu pemerataan distribusi listrik di Deli Serdang.

“Program ini juga diharapkan bisa meningkatkan taraf hidup masyarakat kurang mampu dan kebutuhan listrik untuk kehidupan lebih baik,” ujarnya.

Sementara itu, Direktur Pembinaan Pengusahaan Direktorat Jenderal (Ditjen) Ketenagalistrikan Kementerian Energi dan Sumber Daya Manusia (ESDM) Jisman Hutajulu menjelaskan, BPBL merupakan program Ditjen Ketenagalistrikan Kementerian ESDM.

Baca Juga:Wagubsu Apresiasi Program Mekaar PT PNM Bantu Turunkan Kemiskinan di Sumut

PT PLN (Persero) ditugaskan dan mendapat dukungan dari PT Icon Plus untuk melistriki rumah tangga tidak mampu yang terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS), berdomisili di daerah 3T dan atau memenuhi kriteria sebagai calon penerima BPBL yang divalidasi kepala desa/lurah atau pejabat yang setara.

Program BPBL berlandaskan Peraturan Menteri (Permen) ESDM No.3 Tahun 2022 tentang BPBL bagi rumah tangga tidak mampu, dan akan menyasar 80 ribu rumah tangga tidak mampu belum berlistrik di seluruh Indonesia.

“Untuk Provinsi Sumatera Utara, tahun ini akan menerima 5.600 rumah tangga penerima manfaat, di mana untuk Kabupaten Deli Serdang akan mendapatkan 894 sambungan,” terangnya.

Baca Juga:Listrik Bersubsidi Diputus P2TL PLN Lubuk Pakam, Warga Miskin Mengeluh

Program BPBL yang mendapat dukungan penuh Komisi VII DPR RI ini, lanjutnya, merupakan bukti negara hadir dalam upaya peningkatan rasio elektrifikasi untuk memenuhi target 100 persen.

Hadir pada kesempatan tersebut, anggota Komisi VII DPR RI Hendrik Halomoan Sitompul, anggota DPRD Sumatera Utara Muhammad Subandi, Dandim 0204/DS Letkol Czi Yoga Febrianto, perwakilan Polresta Deli Serdang Kompol Sudaryanto. (rinaldi/hm14)

Related Articles

Latest Articles