23.5 C
New York
Wednesday, August 28, 2024

Tarik Menarik PDIP di Pilkada Siantar, Astronout ‘Ditendang’ dari Pasangan Yan Santoso

Pematangsiantar, MISTAR.ID

Dinamika pencalonan di internal PDI Perjuangan belakangan memanas untuk pencalonan Walikota dan Wakil Wali Kota Pematangsiantar.

Persetujuan pasangan Yan Santoso Purba dan Astronout Nainggolan bertarung di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Pematangsiantar ditarik kembali.

Yan Santoso dan Astronout sebelumnya diumumkan DPP PDIP sebagai pasangan yang diusung parta ‘banteng’ itu pada Kamis (22/8/24). Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDIP, Hasto Kristiyanto membacakan langsung nama itu bersamaan dengan 169 daerah lainnya.

Baca juga:PDIP Usung Pasangan Yan Santoso Purba dan Astronout Nainggolan di Pilkada Siantar

Namun belakangan Astronout ‘ditendang’ dari pencalonan. Anggota DPRD Pematangsiantar periode 2019-2024 itu didepak dan digantikan oleh Irwan, koleganya di kursi dewan.

PDIP mengeluarkan formulir Model.B.Persetujuan.Parpol.KWK terbaru pada Senin (26/8/24). Yan Santoso dipasangkan dengan kader Partai Gerindra, Irwan.

Salah seorang sumber di internal PDIP mengatakan, dinamika di tubuh partai yang dinahkodai Megawati Soekarno Putri itu berubah pada Minggu (25/8/24) malam. Yan Santoso disebut-sebut tidak sejalan dengan Astronout untuk bertarung bersama di Pematangsiantar.

“Benar ada tarik menarik di PDIP, tapi begitulah dinamika politik. Semua bisa berubah dalam hitungan menit bahkan detik,” kata sumber, pada Rabu (28/8/24).

Baca juga:Mendaftar Balon Wawako Siantar, Astronout Apresiasi Sambutan Partai Hanura

Ketua DPC PDIP Pematangsiantar, Timbul Marganda Lingga juga dikatakan menjadi salah satu pemberi karpet hijau kepada Irwan yang merupakan anggota fraksi Gerindra di DPRD Pematangsiantar itu.

“Kalau dari pembicaraan di internal, pasangan Yan Santoso-Irwan mendaftar di hari terakhir. Tidak tahu jika berubah karena keadaan,” pungkasnya.

Sampai berita ini diterbitkan, Timbul Lingga belum memberikan konfirmasinya. Permintaan wawancara yang dilayangkan belum direspon Ketua DPRD Pematangsiantar itu. (gideon/hm16)

Related Articles

Latest Articles