21.4 C
New York
Tuesday, August 27, 2024

Sumut Kategori Kerawanan Sedang, Bawaslu: Pengawasan Tetap Harus Maksimal

Medan, MISTAR.ID

Peluncuran Peta Kerawanan Pemilihan Serentak 2024 telah diselenggarakan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI di Bidakara Hotel, Jakarta, Senin (26/8/24) kemarin.

Provinsi Sumatera Utara (Sumut) berada dalam kategori kerawanan sedang. Namun, Bawaslu Sumut tetap menegaskan komitmennya untuk memaksimalkan pengawasan di seluruh kabupaten/kota di Sumut.

“Kita tidak boleh lengah sedikitpun meskipun kerawanan berada pada kategori sedang. Seluruh energi kita persiapkan untuk memastikan kesuksesan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024,” ujar Kordiv Humas dan Datin Bawaslu Sumut, Saut Boangmanalu dalam acara tersebut.

Baca juga: Bawaslu Sumut Proses Laporan Dugaan Dukungan Palsu Calon Bupati Tapsel

Saut menekankan pentingnya kapasitas dan kapabilitas jajaran Bawaslu, dari tingkat pusat hingga paling bawah, untuk memastikan penyelenggaraan pemilihan kali ini menjadi tolak ukur sukses pengawasan demokrasi di Sumut dan bahkan Indonesia. Harapannya, hasil pengawasan ini dapat menjadi acuan.

“Kami akan terus berupaya dalam pengembangan pencegahan dan pengawasan. Kami harus terus bertumbuh dan berkembang,” kata mantan anggota Bawaslu Kabupaten Pakpak Bharat 2018-2023 ini.

Menurut Saut, pemilihan serentak kali ini akan menghadapi berbagai tantangan, termasuk netralitas ASN, potensi saling mengadukan, dan kemungkinan gesekan antar pendukung.

Baca juga: KPU Sumut: Belum Ada Bapaslon Gubernur dan Wagub Konfirmasi Kehadiran

Bawaslu harus mampu membangun komunikasi dengan semua pihak, termasuk lembaga-lembaga non-pemerintah, untuk mendapatkan dukungan dalam pencegahan, pengawasan, dan penindakan pelanggaran.

Related Articles

Latest Articles