21.5 C
New York
Saturday, June 29, 2024

SMSI Diminta jadi Benteng Mencegah Berita Hoaks

Padangsidimpuan, MISTAR.ID

Tokoh sekaligus Sahabat Pers Sumatera Utara, Syahrul M. Pasaribu meminta kepada jajaran Pengurus Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Padangsidimpuan agar menjadi pers yang kredibel terpercaya.

“Harapan kami ke SMSI tidak hanya menjadi lebih besar dan baik, namun jadi suatu kumpulan pekerja pers yang kredibel dan terpercaya bagi masyarakat,” ungkap Syahrul M Pasaribu di sela Halal Bihalal dengan SMSI Padangsidimpuan, pada Kamis (2/5/24) lalu.

Menurutnya, saat ini pers sudah berada di jalur yang tepat untuk mencapai tujuan yang profesional, serta lebih baik dan sudah turut mewarnai keberhasilan pembangunan daerah.

“Dengan pondasi kuat dan dukungan dari tokoh-tokoh berpengaruh, kami merasa SMSI semakin diharapkan perannya dalam mewujudkan berbagai harapan masyarakat,” tambahnya.

Baca juga: Kepengurusan SMSI Kabupaten Pakpak Bharat 2023-2026 Resmi Dilantik

Bagi Syahrul Pasaribu, dunia pers bukan sesuatu yang asing lagi. Jauh ketika masih mengenyam pendidikan di kampus USU pernah menjadi Pengurus Ikatan Pers Mahasiswa (IPMI), sehingga paham betul konsep penulisan yang mencerminkan 5W dan 1H.

“Bahkan, boleh dikatakan perjalanan karir politik saya selama ini, banyak diwarnai oleh tulisan rekan para jurnalis. Jadi, jika selama kebersamaan kita ada ketersinggungan, mohon saya dimaafkan,” pungkasnya.

Sementara itu, Wali Kota Padangsidimpuan periode 2018-2023, Irsan Efendi Nasution yang juga hadir menyoroti profesi pers dalam konteks politik masa kini.

Menurutnya, meski media acap kali dianggap sebagai alat pencitraan, ia berharap SMSI mampu menjadi benteng untuk mencegah berita hoaks.

“Dengan kontestasi Pilkada nanti, kami berharap, SMSI berperan sebagai benteng dalam menangkal berita hoaks dan sarana penyejuk di tengah masyarakat,” ungkap Irsan. (Amran/hm20)

Related Articles

Latest Articles