17.3 C
New York
Wednesday, October 9, 2024

Seleksi KPPS Mangga Dua Dinilai Curang, 4 Saudara PPS Diluluskan Meski Tak Ikut Wawancara

Tapteng, MISTAR.ID

Penetapan hasil seleksi calon anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang dilaksanakan Panitia Pemungutan Suara (PPS) Kelurahan Mangga Dua dinilai curang dan tidak profesional. Pasalnya, 4 saudara kandung anggota PPS dimenangkan, bahkan diantaranya yang tidak ikut wawancara pun turut diluluskan.

“Ketua PPS Mangga Dua memenangkan satu adiknya yang masih satu Kartu Keluarga (KK), begitu juga ada anggota PPS memenangkan adiknya 3 orang. Padahal setahu kita hal itu bertentangan dengan aturan. Bahkan diantaranya ada yang tidak ikut wawancara turut dimenangkan,” ungkap salah seorang calon anggota KPPS yang gugur, Ester Angraini Rajagukguk, Rabu (9/10/24) malam.

Ester mengatakan, dari awal proses pendaftaran KPPS, dirinya sudah mencurigai adanya kecurangan dan ketidakprofesionalan anggota PPS. Sebab, ada dua orang yang masih saudara Ketua PPS yang diduga yang tidak memiliki ijazah diumumkan memenuhi syarat (MS) saat seleksi administrasi.

“Termasuk pula ada dua orang yang masih saudara kandung anggota PPS yang hingga saat ini setahu kita masih bekerja di luar kota (Medan) diluluskan menjadi angggota KPPS. Yang menjadi pertanyaan, kapan saudaranya itu melengkapi berkasnya? Kapan saudaranya mengikuti wawancara? Kok bisa lulus,” tanya Ester heran.

Baca Juga : Dua Paslon Ditetapkan KPU di Pilkada Tapteng 2024

Ester mengaku dia sudah melaporkan persoalan itu ke Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tapteng, Abdul Haris Nasution melaui Whats App, namun saat itu dia menjawab keberadaan anggota Komisoiner KPU Tapteng seluruhnya ada di Medan sedang mengikuti tugas. “Nanti kita proses setelah saya pulang dari Medan ya,” sebut Ester membaca pesan Abdul Haris.

Tak hanya itu, Ester juga mengaku sudah melaporkan persoalan kecurangan itu ke Komisioner Badan Pengawas Pemuli (Bawaslu) Tapteng, Rommi Preno Pasaribu secara tatap muka dan menunjukkan bukti kecurangan penetapan hasil seleksi calon anggota KPPS Kelurahan Mangga Dua.

“Dia bilang kalau saya dipanggil ke Bawaslu Tapteng nanti saya harus mau ya,” pungkasnya. (feliks/hm24)

Syahrial Siregar
Syahrial Siregar
Alumni STIK-P Medan. Menjadi jurnalis sejak 2008 dan sekarang redaktur untuk portal mistar.id

Related Articles

Latest Articles