24.5 C
New York
Friday, May 3, 2024

Sejumlah Nama Politikus Diusung di Pilgub DKI Jakarta 2024

Jakarta, MISTAR.ID

Beberapa nama politikus mulai diusung sebagai menjadi Calon Gubernur DKI Jakarta pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

Sejumlah politikus yang telah bermunculan antara lain Ridwan Kamil dan Ahmed Zaki Iskandar dari Partai Golkar, serta Ahmad Sahroni dari Partai NasDem.

Ketua Umum (Ketum) Partai Golkar, Airlangga Hartarto menuturkan, Ridwan Kamil dan Ahmed Zaki Iskandar memang telah diserahkan mandat untuk ikut Pilkada 2024. Restu telah diberikan partai berlambang pohon beringin itu kepada keduanya sebelum pemungutan suara Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 pada 14 Februari lalu.

Baca juga:Prediksi Pengamat Terjadi Perang Bintang di Pilgub DKI 2024

“Telah diberikan surat oleh Partai Golkar sebelum Pemilu, untuk mengikuti Pilkada,” sebut Airlangga di Istana Kepresidenan, pada Senin (26/2/24).

Terkait siapa yang bakal diusung, Menko Perekonomian itu mengatakan, Golkar bakal mengacu pada popularitas dan elektabilitas tertinggi. Jajak pendapat terakhir akan menjadi rujukan.

Terpisah, Ahmed Zaki juga menyatakan kesiapan untuk berkontestasi di Pilkada DKI Jakarta. “Jika ngomong kesiapan, sebagai kader partai saya harus siap terus,” sebutnya lewat pesan singkat.

Baca juga:Tak Ikut Pilpres, Ridwan Kamil Ternyata Incar Peluang di Pilkada Jabar atau DKI Jakarta

Zaki mengaku sudah mempunyai pengalaman sebagai kepala daerah. Dirinya pernah menjabat Bupati Tangerang mulai tahun 2013-2023 dan anggota DPR RI periode 2009-2012.

Eks Gubernur Jawa Barat (Jabar), Ridwan Kamil juga menjadi sorotan pasca tersebar balihonya di Jakarta. Baliho itu menjadi viral dan dibahas publik. “OTW Jakarta nihhh,” merangkum tulisan dalam baliho itu.

Ridwan Kamil juga sudah mempunyai pengalaman sebagai kepala daerah, seperti Wali Kota Bandung dan Gubernur Jabar.

Baca juga:Ditugaskan Maju di Pilgub DKI Jakarta dan Pilgub Jabar, Kang Emil Pilih ini

Ahmad Sahroni pun ikut mengomentari. Anggota DPR ini menghubungkan baliho itu dengan trik Ridwan Kamil dalam perebutan kursi DKI 1.

Dia membalas baliho itu dengan sindiran dan menilai RK bukan rival yang susah di Pilkada mendatang.

“Mungkin Ridwan Kamil ingin maju Gubernur Jakarta, dia kan OTW dari Bandung ke Jakarta, kalau gua kan sudah di Jakarta. Lebih gampang Jakarta,” paparnya baru-baru ini. (cnn/hm16)

Related Articles

Latest Articles