14.3 C
New York
Wednesday, October 9, 2024

Proses Pilkada di Sumut Cenderung Berjalan Baik

Medan, MISTAR.ID

Koordinator Divisi Humas dan Data Informasi Bawaslu Sumut, Saut Boang Manalu mengatakan jika proses Pilkada sejak dimulainya masa kampanye hingga hari ini, Rabu (9/10/24), cenderung berjalan baik.

“Dari tingkat pemilihan gubernur maupun di tingkat kabupaten kota dan wali kota. Semuanya berjalan lancar sampai hari ini,” jelas Saut.

Selanjutnya, Saut inginkan semua pihak mendukung tahapan Pilkada hingga selesai, tanpa ada pelanggaran. Khususnya yang dilakukan ASN.

Baca juga: Bawaslu Sumut Launching Kampung Pengawasan Partisipatif di Desa Marbau Labura

“Kami ingin kondisi seperti ini dapat didukung bersama-sama sampai nanti selesainya masa kampanye, tanpa adanya pelanggaran-pelanggaran secara khusus yang dilakukan ASN,” tambahnya.

Lebih lanjut, ia menegaskan jika keterlibatan ASN dalam mengkampanyekan salah satu pasangan calon itu ilegal atau melanggar aturan ASN.

“Memang secara geopolitiknya, mungkin ASN bagi peserta pemilu itu, merupakan salah satu basis atau potensi yang bisa meraup suara. Namun, hal itu tidak dibenarkan sebagai salah satu penyelenggara negara,” katanya dengan tegas.

“Justru kita harus bahu-membahu dengan Bawaslu Sumut untuk memastikan proses tahapan ini berlangsung sesuai dengan aturan. Dimana ASN dan aparatur negara itu dilarang ikut serta berkampanye,” pungkasnya. (berry/hm20)

Related Articles

Latest Articles