19 C
New York
Wednesday, May 8, 2024

Posisi Menhan Diyakini Mantapkan Elektoral Prabowo Sebagai Capres

Jakarta, MISTAR.ID

Sebagai Menteri Pertahanan (Menhan) di Kabinet Indonesia Maju, diyakini menguatkan daya elektoral Prabowo Subianto menjadi Calon Presiden (Capres) tahun 2024.

Pengamat menilai, jika kesempatan bagi Ketua Umum (Ketum) Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) itu untuk maju sebagai Capres di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang semakin terbuka lebar.

Penilaian itu dikatakan pengamat politik Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Wasisto Raharjo Jati, pada Senin (17/7/23). Menurutnya, sebagai Menhan merupakan salah satu dari 3 posisi strategis dalam kabinet.

Baca juga: Begini Gaya Bicara Ganjar Pranowo, Anies Baswedan dan Prabowo Subianto di Rakernas Apeksi

“Posisi Menhan tentu sangat strategis bagi Prabowo dalam menerima dukungan elektoral, termasuk dari Presiden Joko Widodo. Banyak kalangan menilai, Prabowo mempunyai kompetensi melanjutkan kepemimpinan Indonesia kedepannya,” kata Jati.

Dikatakan, posisi Menhan menjadi strategis, karena sebagai Kementerian yang peran besarnya sangat dibutuhkan. Khususnya dalam mendorong hadirnya keutuhan dan persatuan di masyarakat.

“Hal itu menjadi wajar jika Prabowo didukung Jokowi maju pada Pilpres mendatang,” sebutnya.

Baca juga: PKB Tentukan Cawapres yang Diusung Dampingi Prabowo

Berdasarkan hasil Lembaga Survei Indonesia (LSI) Denny JA periode 30 Mei-12 Juni 2023, Prabowo meraih elektabilitas mencapai 36,1 persen. Di survei yang serupa jika tingkat kepercayaan publik terhadap Jokowi sebanyak 90 persen. Diprediksi, umumnya pendukung Jokowi bakal merapat ke Prabowo. (mi/hm16)

Related Articles

Latest Articles