25.1 C
New York
Friday, September 13, 2024

Pilkada Siantar, Susanti Masih Unggul dari Calon Lain di Survei LSIN

Pematangsiantar, MISTAR.ID

Lembaga Survei Independen Nusantara (LSIN) baru saja merilis hasil survei terbaru mereka yang dilakukan pada 5-10 Juni 2024, terkait preferensi masyarakat terhadap calon pasangan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Pematangsiantar. Survei ini melibatkan 400 responden yang dipilih melalui metode sampling di 8 kecamatan dan 53 kelurahan di Pematangsiantar, dengan margin error 2-5%.

“Simulasi pasangan ini kami dasari dari kemungkinan bukan merupakan pasangan yang final, dan kami melihat formulasi dari beberapa analisa yang memungkinkan berpasangan,” ujar Direktur LSIN, Bismar Sibuea, Selasa (18/6/24).

Bismar mengatakan, jika Susanti disimulasikan berpasangan dengan Mangatas Silalahi, mereka memperoleh dukungan sebesar 35% dari responden. Kombinasi ini menunjukkan tingkat elektabilitas tertinggi dibandingkan pasangan lain yang diusulkan.

Selanjutnya, jika Susanti berpasangan dengan Fawer Sihite, dukungan sedikit berkurang menjadi 31%. Lalu, jika Susanti berpasangan dengan Tuahman Purba, mereka meraih 21% suara, sementara jika berpasangan dengan Ronal Tampubolon, dukungannya turun menjadi 15%.

“Kita simulasikan Mangatas Silalahi sebagai calon utama. Jika berpasangan dengan Susanti, mereka meraih 34% dukungan. Jika berpasangan dengan Faidil Siregar atau Darwin Pohan, masing-masing pasangan memperoleh 30% suara. Sementara pasangan Mangatas Silalahi dengan Fahmi Siregar memperoleh dukungan 27%,” ungkapnya.

Baca Juga : Jumlah TPS Pilkada Siantar 2024 Berkurang Setengah dari Pemilu Lalu

Bismar juga membeberkan hasil survei pasangan Fawer Sihite jika disimulasikan sebagai calon utama. Saat dipasangkan dengan Kusdianto, mereka meraih 32% suara. Berpasangan dengan Khairuddin Lubis memperoleh 31%, Sri Tamika mendapatkan 29%, dan dengan Ustad Ali Lubis memperoleh 25% suara.

“Sementara kalau untuk survei Liberty Panjaitan jika berpasangan dengan H Irwan mereka meraih suara 30% suara. Liberty berpasangan dengan Rini Silalahi mereka meraih suara 25%, Liberty berpasangan dengan Sri Rahmawaty mereka meraih suara 23%,” jelasnya.

Bismar menjelaskan, hasil survei ini menunjukkan bahwa jika Pilkada dilakukan hari ini, pasangan Susanti dan Mangatas Silalahi akan mendapatkan hasil tertinggi dibandingkan pasangan calon lainnya. Namun, masih terdapat 20% responden yang belum menentukan pilihan jika Susanti berpasangan dengan Tuahman Purba, Mangatas Silalahi berpasangan dengan Faidil Siregar, Liberty berpasangan dengan Irwan atau Fawer Sihite berpasangan dengan Kusdianto.

Syahrial Siregar
Syahrial Siregar
Alumni STIK-P Medan. Menjadi jurnalis sejak 2008 dan sekarang redaktur untuk portal mistar.id

Related Articles

Latest Articles