20.9 C
New York
Wednesday, May 22, 2024

Persaingan untuk Kursi DPRD dari Dapil Simalungun 1 Diprediksi Sengit

Simalungun, MISTAR.ID

Persaingan mendapatkan kursi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Simalungun di Daerah Pemilihan (Dapil) Simalungun 1 diprediksi berlangsung sengit. Sejumlah tokoh pendatang baru dinilai berpotensi menyingkirkan petahana, begitu juga sebaliknya, Minggu (21/1/24).

Pada Pemilihan Umum (Pemilu) serentak yang dilaksanakan 14 Februari 2024 ini ada 9 petahana dari Dapil 1 Simalungun yang dipastikan maju kembali dalam persaingan menduduki kursi DPRD.

Mereka adalah Erwin Parulian Saragih (Gerindra), Samsin Girsang, Junita Veronika Munthe (PDIP), Jon Radikalmen Sidauruk (Golkar), Jamesron Saragih, Karvan Saragih (Nasdem), Saida Purba (Perindo), Jarusdin Sinaga (Hanura).

Baca Juga: Calon DPR RI Diisi Eks Pejabat, Persaingan Dapil 3 Sumut ‘Panas’

Dapil 1 Simalungun meliputi Kecamatan Raya Kahean, Purba, Haranggaol Horison, Silimakuta, Dolok Silau, Silau Kahean, Raya, Pematang Silimahuta, Dolok Sanggul.

Namun, Elias Barus yang berasal dari Partai Demokrat tidak lagi mencalonkan sebagai calon anggota DPRD Simalungun. Dia akan mencoba peruntungan dengan maju di Pemilu Legislatif untuk DPRD Provinsi Sumatera Utara.

Di tahap kampanye saat ini, setiap caleg petahana relatif merasa yakin mampu mempertahankan kursinya di dapil ini dengan upaya yang dilakukan masing-masing.

Dari data diperoleh Mistar dari KPU, Pemilu 2019 lalu masing-masing Parpol di Dapil 1 Simalungun meraih suara sah sebanyak Gerindra (5.799), PDI Perjuangan (22.426), Partai Golkar (11.377), Nasdem (14.650), Perindo (5.310), Hanura (4.648), Demokrat (11.871).

Dapil 1 Simalungun juga dikenal sebagai basis PDI Perjuangan dan Nasdem yang masing-masing miliki 2 kursi di DPRD.

Baca Juga: Berebut Kursi DPR di Dapil Sumut, Pengamat: Rivalitas Hingga Perang Bintang

Meski demikian, caleg pendatang baru di PDIP dinilai berpeluang meraih kursi bersama dua pendahulu sebelumnya.

Caleg dimaksud adalah Hermanto Sipayung dan Chrismes Haloho dari Partai Golkar. Keduanya dinilai berpotensi terpilih dan menjadi wakil rakyat di DPRD Simalungun. Keduanya juga punya pergerakan masif mengkampanyekan diri.

Saat ini, nama-nama caleg dari parpol lainnya yang memiliki kursi di DPRD lewat Dapil 1 Simalungun diisi petahana serta pendatang baru. (Hamzah/hm22)

Related Articles

Latest Articles