16.3 C
New York
Monday, September 30, 2024

Paslon Effendi-Murphy Dapat Doa Restu dari Hula-Hula

Toba, MISTAR.ID

Dalam budaya adat Batak, peran dari Hula-hula (keluarga laki-laki pihak istri) salah satu yang berperan penting dalam mencapai suatu kesuksesan. Melalui doa-doa yang disampaikan kepada Sang Pencipta.

Untuk memuluskan langkah menuju sukses, pasangan calon (paslon) Bupati dan Wakil Bupati nomor urut 3, Effendi-Murphy menyambangi Hula-hulanya marga Simanjuntak Hutabulu di Desa Hutabulu Mejan Kecamatan Balige Kabupaten Toba, Senin (30/9/24).

Seperti diketahui, istri dari Effendi Napitupulu adalah Boru Simanjuntak Hutabulu. Jadi sudah selayaknya melakukan kunjungan atau somba-somba permohonan doa restu.

Baca juga : Profil Paslon Effendi Napitupulu – Audi Murphy Sitorus: Berpengalaman di Legislatif dan Eksekutif

Menurutnya, bagi orang Batak ada istilah ‘Pasu-pasu atau tangiang ni Hula-hula atau Tulang sabariba langit’ yang diartikan doa dari mereka setengah dari langit atau setengah dari berkah Tuhan seperti falsafah Batak Dalihan Natolu, Somba Marhula-hula.

“Dalam budaya Batak, menjadi keharusan untuk mendapatkan doa restu dari Hula-hula maupun Tulang agar mendapatkan doa-doa menuju kesuksesan Pilkada Toba menjadi pemimpin yang akan melayani masyarakat Toba,” pungkas Effendi.

Menurutnya, sebagai seorang calon pemimpin sudah seharusnya menghargai falsafah kearifan lokal yang sudah ditanamkan dan dijalankan sejak ribuan tahun oleh leluhur orang Batak untuk membentuk tatanan kehidupan yang harmonis melalui Dalihan Natolu.

Baca juga : Paslon Effendi-Murphy dapat Doa dan Dukungan Penuh Partona Balige

“Dengan menjalankan kearifan lokal sangat selaras kepada situasi Kabupaten Toba yang sudah ditetapkan menjadi Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP),” ujarnya.

Dalam acara menerima pemberkatan penerimaan doa, pasangan Effendi-Murphy menerima makanan dan ikan mas serta ulos dari Marga Simanjuntak Hutabulu dengan harapan nantinya mendapatkan simpatik masyarakat untuk menjadi pemimpin yang mensejahterakan masyarakat Toba. (nimrot/hm18)

Related Articles

Latest Articles