12.8 C
New York
Sunday, September 8, 2024

Panwascam Tebing Tinggi Kota Gelar Pelatihan Pengawasan Pemilihan Partisipatif

Tebing Tinggi, MISTAR.ID

Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kecamatan Tebing Tinggi Kota menggelar pelatihan pengawasan pemilihan partisipatif pada Pemilihan Kepala Daerah, Gubernur dan wakil Gubernur, Wali Kota dan wakil Wali Kota, Selasa (3/9/24) di Aula Kantor Camat Tebing Tinggi Kota.

Dalam kegiatan ini, Panwaslu Kecamatan Tebing Tinggi Kota turut mengundang masyarakat dari 7 kelurahan di Kecamatan Tebing Tinggi Kota.

Sebagai narasumber, mantan anggota Bawaslu Sumut, Marwan dalam materinya menyebut agar masyarakat yang menghadiri kegiatan tersebut ikut berperan aktif mengawasi pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah Gubernur dan wakil Gubernur, Wali Kota dan wakil Wali Kota.

Baca juga : Bawaslu Tebing Tinggi dan Forkopimda Apel Siaga Masa Tenang

“Dengan adanya pengawasan masyarakat, pelaksanaan Pilkada Kota Tebing Tinggi bisa berjalan dengan demokratis, paling tidak bisa mencegah terjadinya kecurangan seperti money politik yang kerap terjadi pada saat Pemilu maupun Pemilihan Kepala Daerah,” ujarnya

Sementara itu, Halda Qemlani Pane yang juga sebagai narasumber dan mantan Ketua Bawaslu Kota Tebing Tinggi dalam materinya menyampaikan tidak cukup hanya jajaran Bawaslu yang melakukan pengawasan.

Oleh karena itu, Bawaslu harus berkolaborasi dengan masyarakat untuk melakukan pengawasan partisipatif.

Baca juga : Polsek Tanah Jawa Siap Amankan Pemilu 2024

“Masyarakat harus melaporkan setiap kecurangan yang terjadi di masyarakat dan bukan rahasia umum lagi masalah money politik. Mari kita sama-sama melakukan pengawasan,” imbuhnya kepada tamu undangan.

Sebelumnya, pada Sabtu (31/8/24), Panwaslu Kecamatan Tebing Tinggi Kota telah menggelar sosialisasi Pengawasan Pemilu pada pemilihan Kepala Daerah Gubernur/wakil Gubernur dan Wali Kota/wakil Wali Kota di Aula Kantor Camat Tebing Tinggi Kota. (nazli/hm18)

Related Articles

Latest Articles