6.6 C
New York
Saturday, April 27, 2024

Menko Polhukam Pastikan Besok Rekapitulasi Nasional KPU Selesai 

Jakarta, MISTAR.ID

Dipastikan hasil rekapitulasi nasional yang dilaksanakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia selesai tepat waktu atau besok, 20 Maret 2024.

Itu diutarakan Menteri Koordinator bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), Hadi Tjahjanto menanggapi pertanyaan wartawan perihal keterlambatan lembaga penyelenggara pesta demokrasi tersebut menuntaskan hasil rekapitulasi nasional dari target yang telah ditentukan yakni 18 Maret.

“Berdasarkan Undang-Undang (UU), 35 hari setelah Pemilihan Umum (Pemilu) kita umumkan, berarti jatuh pada tanggal 20 Maret 2024. Artinya sesuai dengan rencana,” sebutnya saat jumpa pers di kantor Menko Polhukam RI, pada Selasa (19/3/24).

Baca juga:KPU: Penetapan Hasil Pemilu 2024 Kemungkinan 20 Maret

Disinggung terkait hambatan yang dialami KPU sehingga tempo selesainya rekapitulasi nasional di luar target, Hadi sungkan menjelaskan.

Wartawan juga sempat menanyakan skema rencana lain apabila nantinya hasil rekapitulasi melampaui batas target yakni 20 Maret. Hanya Hadi tetap bergeming.

Mantan Panglima TNI itu tetap meyakinkan, jika besok rekapitulasi nasional akan tuntas, dan situasi serta kondisi masyarakat tetap dalam keadaan kondusif.

Sebelumnya Anggota KPU RI, August Mellaz menuturkan, ada kemungkinan tahapan rekapitulasi tuntas, pada Senin (18/3/24).

Baca juga:Hasil Rekapitulasi KPU, Berikut Nama 10 Caleg DPR RI Raih Suara Terbesar di Sumut

“Kalau target, kami justru rampung sebelumnya. Apakah mungkin nanti tanggal 18 Maret,” sebutnya di Kantor KPU RI, Jakarta, pada Rabu (13/3/24)).

Dia menerangkan, KPU juga memantau proses rekapitulasi di tingkat kecamatan sampai provinsi. Meskipun demikian, menurutnya, proses penghitungannya telah mau selesai.

Ternyata hingga kini proses rekapitulasi nasional masih berlangsung. KPU telah menyelesaikan hasil rekapitulasi untuk 34 provinsi dari total 38 provinsi.

Empat provinsi terakhir yang bakal direkapitulasi adalah Jawa Barat (Jabar), Papua, Papua Pegunungan dan Maluku. (ant/hm16)

Related Articles

Latest Articles