29.3 C
New York
Thursday, August 29, 2024

Malam Ini Risma-Gus Hans Mendaftar di Pilkada Jatim 2024

Surabaya, MISTAR.ID

Akhirnya terjawab sudah tanda tanya siapa pendamping Tri Rismaharini (Risma) di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Provinsi Jawa Timur (Jatim) 2024.

Beberapa pengurus DPD PDI Perjuangan Jatim memposting poster duet Risma-Zahrul Azhar Asumta (Gus Hans) mulai Kamis (29/8/24) dini hari. Ini diposting Sekretaris PDIP Jatim, Sri Untari Bisawarno, Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) PDIP Jatim, Deni Wicaksono, begitu juga anak sulung Risma, Fuad Bernardi.

“Benar (pasangan Risma-Gus Hans),” sebut Sri Untari.

Baca juga:PDIP Persiapkan 3 Menteri di Pilkada Jatim 2024

Dia menuturkan, rencananya Risma-Gus Hans bakal mendaftar menjadi bakal calon (balon) gubernur dan calon wakil gubernur ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jatim, pada Kamis (29/8/24) malam.

“Titik kumpul di Kantor DPD PDIP Jatim, dan ada kirab budaya yang mengantar hingga ke KPU,” tandasnya.

Pasangan Risma-Gus Hans sementara ini didukung PDIP dan Partai Hanura. Sementara Partai Ummat juga berencana bergabung.

Informasinya majunya Wali Kota Surabaya periode 2010-2020 itu juga dibenarkan oleh Ketua DPP PDIP sekaligus Ketua DPD PDIP Jatim, Said Abdullah. Dia menyebut, nama Risma nyaris pasti sebagai sosok yang akan diusung partai berlambang banteng itu.

Baca juga:Sah Golkar Dukung Khofifah-Emil Dardak di Pilkada Jatim 2024

“Kalau Jatim Ibu Risma insya Allah confirmed,” paparnya di Kompleks Parlemen, Senayan, pada Selasa (27/8/24).

Risma adalah kader PDIP dan saat ini menjabat sebagai Menteri Sosial (Mensos). Sedangkan Gus Hans diketahui tokoh kiai muda dari Jombang, Jatim dan salah satu pengasuh Pondok Pesantren (Ponpes) Darul Ulum, Peterongan.

Gus Hans merupakan kader Golkar. Baru-baru ini dirinya dirumorkan akan maju di Pilkada Jombang 2024. Dia juga pernah didapuk sebagai juru bicara (jubir) pasangan Khofifah-Emil Dardak di Pilkada Jatim 2018 lalu.

Risma-Gus Hans bakal menantang sang petahana Khofifah-Emil yang diusung koalisi besar 15 partai. Ada juga pasangan yang diusung Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Luluk Nur Hamidah-Lukmanul Khakim. (cnn/hm16)

Related Articles

Latest Articles