19 C
New York
Monday, May 20, 2024

Logistik Surat Suara Sudah Lengkap, KPU Medan Fokus Penyortiran dan Pelipatan

Medan, MISTAR.ID

Menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) 14 Februari 2024, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Medan saat ini sudah menerima semua surat suara, baik itu DPRD Kota Medan, DPRD Provinsi Sumut, DPR RI, DPD RI dan Presiden/Wakil Presiden.

“Alhamdulillah, saat ini semua surat suara sudah lengkap dan kita terima,” jelas Ketua KPU Kota Medan, Mutia Atiqah saat dikonfirmasi Mistar, Senin (15/1/24).

Selain surat suara, kata Mutia, logistik lainnya seperti bilik suara, kotak suara, segel, plastik, tinta, perlengkapan TPS, benang, hingga paku dan bantalan pencoblosan juga diterima.

Baca juga : KPU Sumut: Proses Sortir, Lipat, Setting dan Packing Surat Suara Capai 51,74 Persen

“Saat ini semua logistik tersebut sudah kita simpan di Gudang logistik KPU Kota Medan,” katanya.

Mutia mengatakan setelah semua logistik sudah diterima, kini pihaknya fokus melakukan penyortiran dan pelipatan surat suara di gudang logistik KPU Kota Medan.

“Yang sudah selesai disortir dan dilipat masih surat suara DPRD Kota Medan dan Sumut. Untuk surat suara lainnya masih dalam proses dan diprediksi selesai sebelum tanggal 20 Januari 2024,” sebutnya.

Baca juga : Soal Simulasi Pakai Sampel Surat Suara yang Hanya Dua Paslon, KPU: Murni Human Error

Dijelaskannya, jumlah masing-masing jenis surat suara yang diterima KPU Kota Medan berjumlah sama dengan Daftar Pemilih Tetap (DPT) Kota Medan ditambah 2 persen sebagai surat suara tambahan.

“Atau dengan kata lain sebanyak 1.853.458 ditambah 2 persen, yakni sebanyak 1.890.527 untuk masing-masing jenis surat suara,” pungkasnya. (rahmad/hm18)

Related Articles

Latest Articles