6.6 C
New York
Saturday, April 27, 2024

Lembaga Asing Sebut Pilpres Berpotensi 1 Putaran

Jakarta, MISTAR.ID

Pemilihan Presiden (Pilpres) tahun 2024 berpeluang 1 putaran sesuai rilis hasil jajak pendapat terkini dari lembaga riset asal Australia, Roy Morgan Research.

Dalam survei didapati calon presiden (capres) nomor urut 2, Prabowo Subianto meraih suara sebesar 43%, naik 13% poin mulai kuartal September 2023. Bahkan dinyatakan ‘berada di ambang kemenangan dalam pilpres putaran pertama’.

“Prabowo mempunyai keunggulan besar atas rivalnya Ganjar Pranowo meraih 30% (turun 8% poin) dan Anies Baswedan 24% (turun 1% poin), dimana masih bersaing untuk menempati posisi kedua,” sebut Roy Morgan Research, dirangkum pada Selasa (6/2/24).

Baca juga:Sejumlah Survei Elektabilitas Peserta Pilpres Hingga Akhir Januari

Tetapi hal itu mungkin tidak cukup untuk menghalangi kemenangan Menteri Pertahanan (Menhan) tersebut pada pemungutan suara putaran pertama pada 14 Februari 2024.

Lembaga itu menuturkan, cuma 3% (turun 4% poin) pemilih di Indonesia yang tidak bisa memilih kandidat mana pun.

Roy Morgan Research membeberkan secara geografis, Prabowo saat ini telah memimpin di semua pusat populasi utama di seluruh tanah air. Prabowo memimpin kuat di Pulau Jawa yang paling padat penduduknya di Indonesia dengan dukungan 41%, selisih 8% dari Ganjar (33%) dan 16% poin di atas Anies (25%).

Baca juga:Survei di NU Jatim, Prabowo Ungguli Ganjar dan Anies

“Hanya di Jawa Tengah (Jawa Tengah), provinsi asal Ganjar, calon dari PDI-Perjuangan tetap unggul dengan raihan suara sebesar 56%, jauh di atas Prabowo (40%) dan Anies hanya memperoleh 4%,” paparnya.

Disebutkan juga, Prabowo mempunyai keunggulan lebih besar di Pulau Sumatera sebagai pulau terpadat kedua di Indonesia, dengan meraih setengah suara 49% suara. Peringkat kedua Anies 26% disusul Ganjar 23%.

Prabowo juga memiliki keunggulan di pulau terpadat berikutnya di Indonesia, yaitu Sulawesi dan Kalimantan. Di Sulawesi, Prabowo 56%, Ganjar 24% dan Anies 17%. Di Pulau Kalimantan, Prabowo 28%, Anies 23% dan Ganjar 14%.

Baca juga:Survei LSI Denny JA Terbaru, Pasangan Ini Tembus 50 Persen

Dibeberkan juga dukungan terhadap Ketua Umum (Ketum) Partai Gerindra itu naik tajam usai memilih Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka sebagai pendampingnya yang juga putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Survei berlangsung pada Desember 2023 terhadap 1.255 orang pemilih berumur 17 tahun ke atas. Tanya jawab melalui tatap muka dilaksanakan di 17 provinsi, bertujuan memastikan sampel yang mewakili pemilih seimbang secara geografis dan demografis. (cnbc/hm16)

Related Articles

Latest Articles