22.4 C
New York
Thursday, July 18, 2024

KPU Sumut: Proses Pelaksanaan Coklit Pilkada 2024 Sudah 96 Persen

Medan, MISTAR.ID

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Utara (Sumut) mencatat pelaksanaan pencocokan dan penelitian (coklit) daftar pemilih oleh Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) di 33 Kabupaten/Kota pada Pilkada serentak 2024, telah mencapai 96 persen.

“Hingga hari ini, proses coklit se-Sumut sudah mencapai hampir 97 persen. Kurang lebih 96,9 persen. Targetnya tanggal 20 sudah kelar semua,” kata Komisioner KPU Sumut Divisi Data, Frendy Zebua, di Kantor KPU Sumut, Jalan Perintis Kemerdekaan No 35, Kecamatan Medan Timur, Kamis (18/7/24).

Baca juga: KPU Sumut Rakor Pilkada Serentak 2024 dengan KPU Kabupaten/Kota

Frendy juga menjelaskan untuk Daftar Pemilih Tetap (DPT) dan Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4)  masih terus di-update. Sejauh ini Pantarlih telah melakukan coklit terhadap 10.900.000 lebih jiwa di 33 Kabupaten/Kota.

Dalam prosesnya, menurut Frendy, di lapangan ada banyak tantangan yang harus dihadapi para petugas Pantarlih, seperti ada komunitas-komunitas etnis tertentu yang susah untuk ditemui, kadang rumahnya pun selalu tertutup dan lainnya.

“Kemarin juga ada kejadian di salah satu daerah ada petugas yang digigit anjing pas lagi mau men-coklit, ada juga yang jatuh dari sepeda motor, tapi semuanya masih terkendali dan sejauh ini, semua berjalan sesuai harapan,” pungkasnya. (maulana/hm17)

Related Articles

Latest Articles