17 C
New York
Sunday, September 22, 2024

KPU Sumut Gelar Pleno DPT dan Undi Nomor Paslon Gubsu Besok

Medan, MISTAR ID

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) akan melaksanakan pengundian dan pengumuman nomor urut pasangan calon (Paslon) Gubernur Sumut (Gubsu) dan wakilnya pada, Senin (23/9/24).

Komisioner KPU Sumut Divisi Data dan Informasi, Frendy Zebua mengatakan bahwa untuk pengundian nomor urut akan dilakukan malam hari.

“Pencabutan nomor urut Paslon gubernur – wakil gubernur pukul 20.00 WIB,” ujarnya saat dikonfirmasi, Minggu (22/9/24).

Selain itu, Frendy menjelaskan bahwa besok pihaknya juga akan melakukan rapat Pleno rekapitulasi untuk menetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT).

Baca juga: KPU Sumut Tetapkan DPT pada 23 September 2024

“Jadi besok bukan pengumuman DPT, tapi Pleno rekap DPT,” katanya.

Sementara untuk waktunya, Frendy menyebut rapat tersebut akan digelar dari pagi.

“Dimulai dari pukul 09.00 WIB sampai selesai untuk semua kabupaten/kota,” sebutnya.

Kemudian untuk tahapan Pilkada Sumut 2024 selanjutnya adalah masa kampanye yang dimulai pada 25 September selama satu bulan sebelum waktu pencoblosan.

“Setelah cabut nomor, pada 25 September dimulai tahapan kampanye dan berakhir pada 23 November,” tutup Frendy.

Sebelumnya diberitakan, Kordiv Pencegahan dan Parmas Bawaslu Sumut, Suhadi Sukendar Situmorang menyarankan agar pencabutan nomor dilakukan di hari yang sama saat memulai kampanye.

Baca juga: KPU Sumut Buka Pendaftaran KPPS, Berikut Tahapan dan Syaratnya

“Di jadwal yang sekarang, ada jarak kekosongan dua hari. Ini rentan terjadi pelanggaran, seperti kampanye di luar jadwal atau tahapan,” kata Suhadi saat diwawancara usai peluncuran Peta Kerawanan Pemilu 2024 Sumut di Hotel Karibia, Medan, Kamis (19/9/24).

Namun, Ketua KPU Sumut Agus Arifin mengatakan akan tetap melaksanakan tahapan sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan.

“Kita menghormati masukan dari Bawaslu. Tapi terkait dengan ketentuan itu seperti apa nanti pelaksanaannya, kita masih mengacu pada ketentuan yang ada. Kalau memang ada evaluasi, mungkin nanti setelah tahapan Pilkada 2024 ini,” sebutnya beberapa waktu yang lalu. (maulana/hm20)

Related Articles

Latest Articles