18.4 C
New York
Wednesday, May 8, 2024

KPU Langkat Gelar Simulasi Putungsura Pemilu 2024

Langkat, MISTAR.ID

KPU Kabupaten Langkat menggelar simulasi pemungutan dan penghitungan suara (putungsura) Pemilu 2024  yang dihadiri seluruh anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK). Kegiatan ini dilaksanakan di halaman Kantor KPU Kabupaten Langkat, Jalan T Putra A Aziz, Kelurahan Kwala Bingai, Kecamatan Stabat, Rabu (31/1/24).

Ketua KPU Kabupaten Langkat, Sopian Sitepu mengatakan simulasi untuk menguatkan pemahaman pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara kepada jajaran KPU mulai dari tingkat PPK dan PPS, karena PPK dan PPS sebagai pengendali pada hari pemungutan suara nanti. Kemudian juga untuk memberikan pemahaman tentang pemungutan suara kepada masyarakat.

Baca juga: KPU Simalungun Gelar Simulasi Pemungutan Suara Kedua di Tanah Jawa

“Harapan saya kepada jajaran KPU di kecamatan dan kelurahan serta desa selaku pengendali bisa memberikan pemahaman kepada petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) bagaimana sistem kerja di Tempat Pemungutan Suara (TPS) saat pemungutan dan penghitungan suara dilaksanakan,” katanya.

Dalam simulasi ini dihadirkan pemilih disabilitas, untuk memberikan pemahaman kepada petugas KPPS apabila menemukan pemilih berkebutuhan khusus di TPS nantinya. Sementara petugas Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS) dalam simulasi itu diberdayakan PPK yang berperan sebagai KPPS dan warga sekitar sebagai pemilih.

Dalam simulasi tersebut KPU Kabupaten Langkat juga mengundang forkopimda Langkat dan Bawaslu Kabupaten Langkat. (Endang/hm17)

Related Articles

Latest Articles