17.8 C
New York
Thursday, May 2, 2024

KPU: Fokus pada Logistik dan Bimtek KPPS

Medan, MISTAR.ID

Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI) menyelenggarakan kunjungan kerja ke Provinsi Sumatera Utara.

Kunjungan kerja tersebut untuk melaksanakan supervisi dalam rangka penguatan kelembagaan dan persiapan Pemilu Tahun 2024. Anggota KPU, Parsadaan Harahap, memimpin kunjungan tersebut dan memberikan pengarahan khusus kepada jajaran KPU Kabupaten/Kota se-Sumatera Utara melalui Zoom Meeting.

Dalam arahannya, Parsa menekankan pentingnya fokus pada dua aspek utama, yaitu distribusi logistik dan pelaksanaan Bimbingan Teknis (Bimtek) untuk anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS).

Baca juga:Komisioner KPU Padang Sidempuan Ditetapkan Tersangka Tunggal

“keberhasilan Pemilu 2024 sangat ditentukan oleh ketepatan dan efisiensi distribusi logistik, serta pemahaman yang baik dari anggota KPPS melalui Bimtek,” Ujarnya Parsada.

Lanjutnya, Parsadaan Harahap, yang juga menjabat sebagai Ketua Koordinator Wilayah Provinsi Sumatera Utara, Bengkulu, Kalimantan Timur, Nusa Tenggara Barat, dan Sulawesi Tenggara, menegaskan pentingnya koordinasi antarinstansi.

Ia mengingatkan bahwa KPU Provinsi harus melakukan supervisi terhadap KPU Kabupaten/Kota, sementara KPU Kabupaten/Kota perlu melakukan supervisi kepada Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan seterusnya.

“Berkoordinasi sesuai dengan tingkatannya, baik KPU RI ke Provinsi dan Provinsi ke Kabupaten/Kota hingga PPK,” Kata Persada.

Dalam konteks peningkatan kinerja dan koordinasi, Parsa mendorong semua pihak untuk intensif dalam berkomunikasi dengan para stakeholder dan pemangku kepentingan terkait.

Baca juga:KPU RI Beri Sanksi ke Seluruh Anggota yang Bermasalah

“Untuk meminimalkan kemungkinan timbulnya masalah dan konflik yang dapat menghambat kelancaran proses pemilihan tanpa alasan yang jelas,” Tambahnya

Kunjungan ini tidak hanya menjadi momentum evaluasi dan supervisi, tetapi juga sebagai ajang untuk memastikan bahwa setiap jajaran KPU di tingkat provinsi, kabupaten, dan kota telah mempersiapkan diri dengan baik untuk menghadapi tantangan Pemilu 2024. (khairul/hm18)

Related Articles

Latest Articles