18.4 C
New York
Tuesday, September 17, 2024

KPU Asahan Mulai Rekrut 9.695 Petugas KPPS untuk Pilkada Serentak 2024

Asahan, MISTAR.ID

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Asahan resmi membuka pendaftaran bagi masyarakat yang ingin bergabung sebagai Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) pada Pilkada Serentak 2024. Proses perekrutan KPPS akan berlangsung mulai hari ini, Selasa (17/9/24) hingga Sabtu (28/9/24).

Komisioner KPU Asahan, M Syah mengatakan bahwa pengumuman resmi terkait perekrutan sudah disebarkan ke masyarakat.

“KPU Asahan menargetkan untuk merekrut sebanyak 9.695 orang anggota KPPS yang akan bertugas di 1.385 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang tersebar di 25 kecamatan dan 204 desa/kelurahan se-Kabupaten Asahan,” ujarnya, Selasa (17/9/24).

Selain itu, KPU Asahan juga akan merekrut petugas keamanan dengan total kebutuhan sebanyak 2.770 orang, yang akan ditempatkan di seluruh TPS untuk menjaga keamanan dan kelancaran proses pemungutan suara.

Baca Juga : KPU Asahan Berikan Penghargaan untuk PPK dan Pantarlih Terbaik Coklit Pilkada 2024

M Syah menyatakan bahwa warga yang berminat untuk menjadi anggota KPPS atau petugas keamanan dapat segera mendaftar melalui Panitia Pemungutan Suara (PPS) di desa atau kelurahan masing-masing.

“Pendaftaran ini terbuka bagi siapa saja yang memenuhi persyaratan administrasi, dan prosesnya tidak dipungut biaya sepeser pun. Kami mengajak masyarakat untuk memanfaatkan kesempatan ini, sekaligus berkontribusi dalam menyukseskan pesta demokrasi pada Pilkada Serentak 2024 mendatang,” katanya.

KPU Asahan berharap dengan perekrutan yang transparan dan tanpa biaya ini, Pilkada Serentak 2024 dapat berjalan dengan lancar dan sesuai harapan, sehingga menghasilkan pemimpin yang berkualitas. Proses pendaftaran KPPS ini diharapkan juga dapat menarik minat masyarakat untuk ikut serta secara aktif dalam tahapan pemilu.

Demi memastikan kelancaran proses pemilihan, KPU Asahan terus mengajak masyarakat untuk berperan serta dalam menjaga netralitas dan ketertiban selama tahapan Pilkada berlangsung. Peningkatan partisipasi masyarakat dalam proses demokrasi ini diharapkan mampu meningkatkan kualitas penyelenggaraan Pilkada dan mendorong lahirnya pemimpin-pemimpin yang mampu membawa kemajuan bagi Kabupaten Asahan.

Syahrial Siregar
Syahrial Siregar
Alumni STIK-P Medan. Menjadi jurnalis sejak 2008 dan sekarang redaktur untuk portal mistar.id

Related Articles

Latest Articles