18.6 C
New York
Sunday, September 29, 2024

Ketua KPU Sumut: Media Memberitakan, Media Menentukan

Medan, MISTAR.ID

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Utara (Sumut), Agus Arifin menyebut peran media sangat menentukan dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024. Bahkan, media dianggap menjadi penentu sejuknya suasana di tengah dinamika politik.

“Media yang memberitakan, media yang menentukan. Kenapa saya bilang begitu, karena media menjadi lumbung informasi masyarakat dalam setiap dinamika yang berlangsung,” ucap Agus dalam diskusi partisipasi dan peningkatan kapasitas media pada pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumut 2024 di Hotel JW Marriot, Selasa (25/4/24).

Oleh sebab itu, Agus berharap seluruh rekan-rekan media yang tergabung dalam Media Center KPU Sumut bisa memuat berita sesuai fakta.

Baca juga : Rekrutmen Pantarlih Pilkada 2024 Segera Dibuka, Ini Jadwalnya

“Sering kita temukan berita ataupun informasi di media sosial (medsos) yang tidak sesuai fakta, disinilah peran rekan media kami harapkan. Kami harap rekan-rekan bisa menjadi benteng kami (KPU Sumut) dalam memberikan berita sesuai fakta untuk menyejukkan suasana,” harapnya.

Agus juga berharap media bisa terus terlibat aktif dalam setiap tahapan yang berlangsung di KPU Sumut.

“Kita harap rekan media bisa membantu mensosialisasikan setiap tahapan yang berlangsung, sehingga bisa meningkatkan kesadaran memilih masyarakat. Adapun target kita, jumlah pemilih yang berpartisipasi dalam Pilkada Serentak 2024 ini sebesar 80 persen,” katanya.

Baca juga : Pilkada 2024, KPU Sumut: Ada 8.921 Calon PPK yang Mendaftar

Untuk saat ini, sambung Agus, tahapan yang berlangsung di KPU Sumut yakni pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih.

“Coklit mulai 24 Juni sampai 24 Juli 2024 untuk mengumpulkan data yang akurat. Tahapan selanjutnya yakni pendaftaran calon dari partai politik (parpol) pada 27-29 Agustus. Lalu penetapan paslon pada 22 September hingga pemilihan nanti 27 November 2024,” pungkasnya. (rahmad/hm18)

Related Articles

Latest Articles