22.4 C
New York
Tuesday, July 23, 2024

Kawal Coklit, Bawaslu Sumut Lakukan Uji Petik

Medan, MISTAR.ID

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Utara (Sumut) mencatat pelaksanaan pencocokan dan penelitian (coklit) dalam pemutakhiran data pemilih di 33 Kabupaten/Kota pada Pilkada serentak 2024, secara manual sudah 100 persen.

Sementara itu, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sumut sampai saat ini masih melaksanakan uji petik terkait pelaksanaan coklit tersebut.

“Uji petik sedang berlangsung. Jadi, hal-hal yang diperhatikan itu adalah daerah-daerah terluar, daerah yang kita anggap rawan. Misalnya di perbatasan-perbatasan dan daerah-daerah terpencil,” ujar Kordiv Humas dan Datin Bawaslu Sumut, Saut Boang Manalu, Selasa (23/7/24).

Baca juga: KPU Sumut: Proses Coklit Manual Sudah 100 Persen

Uji petik adalah kegiatan patroli kawal hak pilih oleh Pengawas Kelurahan atau Desa (PKD) untuk melihat bagaimana kinerja dari Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) dalam melaksanakan coklit. Apakah sudah sesuai prosedur yang telah ditetapkan KPU atau belum.

“Itu yang menjadi salah satu fokus kita, kemudian di TPS-TPS yang kemarin ada perubahan, misalnya pada tempat memilihnya, ada satu keluarga yang terpisah memilih, nanti di sini kita usahakan supaya direkomendasikan untuk disatukan,” tambahnya.

Saut mengungkapkan, saat ini yang menjadi perhatian Bawaslu adalah mengenai potensi-potensi adanya pelanggaran dan perubahan-perubahan yang signifikan.

“Sejauh ini prosesnya masih berlangsung, baik uji petik dan lainnya,” pungkasnya. (maulana/hm17)

Related Articles

Latest Articles