26.6 C
New York
Tuesday, August 27, 2024

Kaesang Pangarep Tak Akan Diusung KIM di Pilgub Jateng 2024

Jakarta, MISTAR.ID

Ketua Harian Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad, menegaskan bahwa Koalisi Indonesia Maju (KIM) tidak akan mencalonkan Kaesang Pangarep dalam Pemilihan Gubernur Jawa Tengah (Pilgub Jateng) 2024. Hasil rapat menyebutkan jika KIM akan mengusung Ahmad Luthfi dengan Taj Yasin Maimoen.

“Keputusan untuk memasangkan Pak Luthfi dengan Gus Yasin sudah diambil lebih dari seminggu yang lalu,” ujar Dasco di Kompleks Parlemen Jakarta, Jumat (23/8/24), dilansir dari CNN Indonesia.

Dasco menegaskan bahwa keputusan ini bukan dipengaruhi oleh perubahan aturan dari Mahkamah Konstitusi (MK). Menurutnya, keputusan tersebut sudah disepakati jauh sebelum ada putusan MK terkait aturan pencalonan.

Ditambahkannya, Kaesang saat ini sedang berada di Amerika Serikat, sehingga tidak terlibat dalam proses pencalonan.

Baca juga: Kaesang Pangarep Menuju Pilkada 2024, Jakarta atau Jateng

“Sebelum ada putusan JR MK, kami sudah berembuk dan memutuskan untuk memasangkan Pak Luthfi dengan Gus Yasin di Jateng,” jelas Dasco.

Sebelumnya, nama Kaesang Pangarep sempat masuk dalam bursa calon gubernur Jawa Tengah 2024 dan memimpin sejumlah survei. Beberapa elite KIM juga sempat mempertimbangkan untuk mengusung Kaesang. Namun, pada akhirnya KIM menetapkan pilihan kepada mantan Kapolda Jawa Tengah, Ahmad Luthfi.

Di kesempatan berbeda, Sekretaris Jenderal Partai Gerindra, Ahmad Muzani, juga menyampaikan bahwa Ketua Umum Gerindra, Prabowo Subianto, mendukung Ahmad Luthfi sebagai calon gubernur di Pilkada Jateng.

“Gubernur pilihan Gerindra yang dipilih oleh Pak Prabowo adalah Ahmad Luthfi. InsyaAllah beliau akan kita usung sebagai calon gubernur di Jawa Tengah,” kata Muzani di DPP Partai Gerindra, Jakarta. (cnn/hm20)

Related Articles

Latest Articles