16.4 C
New York
Monday, September 30, 2024

Jaga Kondusifitas Pilkada 2024, Polres Simalungun Tingkatkan Pengawasan Siber

Simalungun, MISTAR.ID

Menjelang tahapan kampanye Pemilihan Kepala daerah (Pilkada) Serentak 2024, Polres Simalungun meningkatkan patroli siber untuk mencegah penyebaran informasi hoax dan ujaran kebencian di media sosial (medsos).

Langkah ini bertujuan memastikan masyarakat menerima informasi yang akurat, dan mencegah gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) selama pelaksanaan Pilkada.

Kasi Humas Polres Simalungun, AKP Verry Purba, yang juga menjabat sebagai Kasatgas Humas Operasi Mantap Praja Toba 2024, menyampaikan bahwa Sub Satgas Siber bekerja sama dengan personel Sie Humas Polres Simalungun secara intensif memantau aktivitas di berbagai platform medsos, seperti Facebook, Instagram, Twitter, dan TikTok.

Baca juga:Direktorat Siber Polda Sumut akan Tangani Penyebaran Hoax Pada Pilkada Serentak

“Sejak pemantauan dimulai, belum ditemukan (pelanggaran). Patroli siber ini bertujuan mencegah penyebaran berita hoax serta konten provokatif yang bisa memperkeruh situasi politik di Simalungun. Selain itu, patroli ini juga fokus meminimalisir isu SARA dan ujaran kebencian yang berpotensi memecah belah masyarakat,” ujar Verry saat dihubungi mistar.id, pada Senin (30/9/24).

Selain patroli siber, Polres Simalungun aktif menyebarkan imbauan untuk mewujudkan Pilkada yang damai dan sejuk. Verry juga mengingatkan masyarakat untuk lebih bijak dalam menggunakan medsos.

“Kami menghimbau masyarakat untuk berhati-hati dalam menyebarkan informasi. Pastikan keabsahan berita sebelum membagikannya. Jika ada informasi yang mencurigakan, verifikasi dulu kebenarannya,” tambahnya.

Baca juga:10 Hal yang Ditegaskan Kapolres Batu Bara Terkait Pilkada 2024

Patroli siber ini merupakan bagian dari komitmen Polres Simalungun untuk menjaga situasi kamtibmas yang kondusif selama Pilkada Serentak 2024. Masyarakat juga diajak berperan aktif dalam menjaga keamanan dan ketertiban selama masa kampanye berlangsung. (indra/hm16)

Related Articles

Latest Articles